Tokopedia Luncurkan Fitur Wakaf Uang, Nominal Terkecil Rp 10.000

Kompas.com - 28/04/2021, 17:09 WIB
Teknologi digital dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi pengembangan wakaf Dok. ShutterstockTeknologi digital dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi pengembangan wakaf

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform belanja online Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam meluncurkan fitur wakaf uang dalam platformnya.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengatakan, peluncuran tersebut sebagai bagian dari kerja sama Tokopedia dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI), Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa.

"Kami bermitra dengan banyak pihak supaya inklusif. Ini adalah era baru melakukan kebaikan. Jadi, selain secara platform kita memudahkan kegiatan wakaf, tapi ini upaya mendukung gerakan nasional wakaf uang yang dicanangkan pemerintah," kata Astri dalam peluncuran fitur wakaf uang Tokopedia, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Realisasi Wakaf Uang Masih Kecil, Kemenkeu: Masih Jauh di Bawah Potensinya

Astri menuturkan, masyarakat dan pengguna Tokopedia bisa memulai wakaf uang dengan nominal Rp 10.000 melalui platform belanja daring itu, dengan nominal tertinggi mencapai Rp 100 juta.

Para pengguna juga bisa memilih metode pembayaran setelah mencantumkan nominal uang yang hendak diwakafkan.

"Nanti akan ada laporan di halaman wakaf uang (dalam platform) yang bisa diakses oleh konsumen, pemanfaatannya seperti apa, dan sebagainya," ucap dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dilihat dari potensinya, Astri meyakini fitur wakaf uang akan diminati masyarakat.

Sebab antusiasme masyarakat pada fitur yang disediakan Tokopedia Salam meningkat 6,5 kali lipat saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Wapres soal Wakaf Uang: Yang Penting Bukan Fisiknya, tapi Manfaatnya

Adapun fitur tersebut, antara lain fitur donasi, zakat, fidyah, kotak amal, dan qurban.

Pada tahun yang sama pun, zakat maal di aplikasi meningkat 2 kali lipat dibanding tahun 2019.

"Di sisi lain, pengguna Tokopedia telah mengumpulkan hampir Rp 80 miliar lewat fitur donasi, zakat, dan qurban sepanjang 2020," sebut Astri.

Ketua Badan Pelaksana BWI, Mohammad Nuh, menambahkan, selain menjadi salah satu bentuk ibadah, wakaf uang memiliki fungsi dan peran sosial-ekonomi, terutama dalam membangun kemandirian ekonomi negara.

Hal ini menjadi semakin mudah melalui kolaborasi antara BWI dan platform digital seperti Tokopedia. Juga sejalan dengan arah transformasi digital yang digalakkan.

Baca juga: Badan Wakaf Ingin Sebagian Dana CSR BUMN Dialihkan Jadi Wakaf

“Dengan mewakafkan uang, masyarakat turut berperan dalam pembangunan ekonomi. Aksi gerakan wakaf berdampak sosial luar biasa. Hasilnya adalah kesejahteraan, dakwah dan kemartabatan," pungkas Nuh.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X