Anjlok 41,76 Persen, Laba Bersih Danamon Kuartal I 2021 Capai Rp 522 Miliar

Kompas.com - 28/04/2021, 18:08 WIB
Gedung Menara Bank Danamon, Jakarta. Dok. Bank DanamonGedung Menara Bank Danamon, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 522 miliar pada kuartal I/2021.

Jumlah itu merosot 41,76 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,25 triliun.

Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki mengatakan, pandemi Covid-19 menyebabkan permintaan kredit jauh menurun. Capaian ini pun berhasil diraih lantaran didorongnya kredit enterprise banking yang terdiri dari segmen korporasi, perbankan komersial dan intitusi keuangan.

Baca juga: Danamon Mulai Pasarkan Tiga Produk Reksa Dana Manulife

"Walaupun pandemi, kredit enterprise banking tumbuh 11 persen. Ini juga didukung oleh kolaborasi dengan MUFG Group, jaringan global salah satu perbankan terbesar di dunia," ujarnya saat pressconference Bank Danamon secara virtual, Rabu (28/4/2021).

Lebih lanjut dia menyebutkan untuk Rasio Giro dan Tabungan (CASA) meningkat sebesar 480 basis poin menjadi 54,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara untuk NPL, Danamon mencatatkan rasio kredit bermasalah pada posisi 3,3 persen di kuartal I/2021 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Angka ini telah membaik 10 basis poin dibandingkan tahun sebelumnya yang didukung oleh proses penilaian resiko dengan prinsip kehati-hatian serta proses collection dan recovery kredit yang disiplin. Peningkatan pada kualitas aset juga didukung dengan NPL Coverage ratio tertinggi sebesar 171 persen," sebut dia.

Sementara untuk biaya kredit (cost of credit) turun sebesar 51 persen menjadi Rp 1,2 triliun dan rasio biaya pendapatan (cost to income ratio) di posisi 51,6 persen. Lalu, untuk rasio intermediasi makroprudensial (RIM) di kisaran 86,5 persen, LDR 85,3 persen, dan LCR 195,7 persen.

Kemudian untuk rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) konsolidasi sebesar 25,7 persen. Sedangkan KPMM Bank sebesar 26,2 persen.

Yasushi pun optimistis Danamon bisa mempertahankan pertumbuhan yang positif di tahun ini.

"Kami akan memprioritaskan kepentingan pelanggan kami serta semua pemanggu kepentingan. Kami optimistis pertumbuhan yang positif di tahun ini bisa kami pertahankan," kata dia.

Baca juga: Daftar Kode Bank Danamon dan Bank Swasta Lain untuk Transfer

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.