Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggali Potensi Bisnis UMKM di Tengah Tingginya Permintaan Selama Ramadhan

Kompas.com - 28/04/2021, 20:24 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramadhan memiliki berkah tersendiri bagi banyak pelaku usaha.

Platform e-commerce Shopee mencatat, Ramadhan tahun lalu, terjadi kenaikan kebutuhan produk fashion muslim, makan minuman untuk berbuka dan sahur, sampai berbagai kebutuhan esensial lainnya.

Kepala Kebijakan Publik dan Pemerintah Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, Shopee menjadi wadah UMKM untuk memanfaatkan potensi bisnis guna meningkatkan usahanya lewat e-commerce di tengah bulan puasa, melalui Shopee Big Ramadan Sale.

Baca juga: Selama Ramadhan, Shipper Tambah Kapasitas Operasi Logistik

“Oleh karena itu, kami mendedikasikan kampanye Shopee Big Ramadan Sale untuk membantu para penjual UMKM kami untuk memanfaatkan momentum yang baik ini,” jelas Radityo dalam virtual konferensi, Rabu (28/4/2021).

Radityo mengatakan, saat Ramadhan tahun ini, pencarian untuk produk makanan dan parsel mengalami kenaikan yang luar biasa.

Ini menjadi satu kesempatan untuk pelaku UMKM untuk memanfaatkan peluang bisnis.

“Sebenarnya ini peluang buat teman-teman pengusaha, karena banyak pembeli yang mencari produk makanan baik untuk buka maupun sahur, demikian juga dengan parsel, dan kita membantu dengan memberikan beberapa promonya,” jelas dia.

Radityo mengungkapkan, Shopee berkomitmen untuk memberikan berbagai program menarik dan inovatif kepada seller.

Baca juga: Pertamina Antisipasi Kenaikan Permintaan BBM dan Elpiji Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Salah satunya melalui strategi marketing, Big Ramadan Sale.

Radityo berharap strategi ini dapat menjadi daya tarik bagi pembeli yang nantinya juga akan berdampak pada penjualan dari seller-seller Shopee.

“Setiap kampanye dan program yang kami adakan, pada setiap kampanye akan selalu diberikan promo menarik bagi para pembeli dan juga penjual, namun dapat dipastikan hal ini akan menguntungkan baik pembeli maupun penjual,” jelas dia.

Untuk meningkatkan kemampuan penjualan online seller baru, Shopee juga memiliki Kampus Shopee yang memberikan asistensi secara fokus kepada seluruh seller.

Dari Kampus Shopee, seller bisa mendapatkan berbagai macam edukasi terkait cara mengoptimalisasikan penjualan di aplikasi Shopee.

Baca juga: Promo Ramadhan, Kredivo Berikan Diskon Hingga Rp 500.000

“Seller bisa memahami berbagai macam kebutuhan secara teknis untuk memaksimalkan toko di Shopee mulai dari cara packing, menuliskan deskripsi yang baik, menggunakan keyword yang tepat, foto produk yang jelas,” ungkap dia.

Selama Ramadhan, Shopee juga memberikan kemudahan untuk pengiriman paket dengan banyak promo, di tengah larangan mudik.

Melalui Big Ramadan Sale yang akan berlangsung sampai tanggal 5 Mei, Shopee menghadirkan berbagai promo seperti, COD Gratis Ongkir Rp 0, Goyang Berkah 10 M, dan Murah Lebay.

Selain itu, ada juga Supermarket Day pada 1 Mei 2021 untuk memenuhi kebutuhan esensial pengguna saat bulan Ramadhan dengan tawaran diskon hingga 90 persen.

Shopee juga akan mengadakan Kampanye Hari Puncak Kedua pada 30 April dengan berbagai promo menarik, seperti Gratis Ongkir RP0 Semua Toko, Flash Sale Serba Seribu (iPad Pro, Emas, TV & Token PLN), dan Voucher Cashback hingga Rp 300.000.

Baca juga: 6 Tips Hemat Belanja Online Selama Ramadhan Biar Tetap Bisa Nabung

Di hari puncak ketiga pada 5 Mei 2021, kampanye Big Ramadan Sale juga memberi penawaran menarik seperti Gratis Ongkir RP 0 dan Flash Sale Serba Seribu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com