KILAS

Persilakan Buruh Rayakan May Day, Menaker Ida Ingatkan Prokes

Kompas.com - 29/04/2021, 08:49 WIB
Menteri Ketenagakerjan Ida Fauziyah dalam salah satu kesempatan. DOK. Humas KemnakerMenteri Ketenagakerjan Ida Fauziyah dalam salah satu kesempatan.

KOMPAS.com - Menteri Ketenagkerjaan Ida Fauziyah mempersilakan para pekerja merayakan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh setiap 1 Mei.

Ida mempersilakan buruh merayakan engan berbagai cara, namun dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Saya ingatkan temen-teman pekerja yang nanti merayakan May Day agar tetap mengikuti protokol Kesehatan,” katanya di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Hal ini mengingat pandemi Covid-19 belum usai, bahkan dalam 2 minggu terakhir mengalami peningkatan untuk klaster perkantoran di Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Ida pun tidak menginginkan para pekerja mengabaikan prokes sehingga menimbulkan klaster baru. Baginya, merebaknya kasus Covid-19 yang sedang melanda di India harus menjadi pelajaran berharga.

Baca juga: Kemenaker Minta BPJS Kesehatan Percepat Integrasi Data Kepesertaan JKP

“Kita harus banyak belajar dari India yang melonggarkan prokes yang mengakibatkan klaster baru yang lebih dahsyat. Ini jangan sampai menimpa kita,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengatakan, pada May Day 2021, Kementerian Ketenagakerjaan juga ikut merayakan dengan menyelenggarakan vaksinasi bagi pengurus konfederasi dan sejumlah kegiatan sosial lainnya.

“Kami akan menyelenggarakan May Day bersama-sama dengan serikat pekerja/serikat buruh dan Asosiasi Pengusaha Indonesia sebagai unsur pengusaha. Berbagai kegiatan sosial akan kami selenggarakan sebagai bentuk kepedulian kami,” ucapnya.

Ida berharap, May Day dapat menjadi momentum penguatan kebersamaan dan persaudaraan, menjadi alat pemersatu bangsa dan meningkatkan ketahanan sosial untuk melawan Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 Klaster Perkantoran Naik, Menaker Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.