Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi Syariah Tidak Sekadar Transaksional...

Kompas.com - 29/04/2021, 11:42 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi berbasis syariah bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memberikan perlindungan bagi diri maupun keluarga.

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia Yoga Prasetyo mengatakan, secara benefit asuransi konvensional dan syariah bisa dibilang sama. Artinya, produk asuransi konvensional dalam syariah bisa dibuat, sesuai dengan prinsip-prinsip kesyariahan.

Namun sebut dia, asuransi syariah memiliki fitur yang tidak ada dalam asuransi konvensional.

"Ada fitur-fitur yang ada di dalam asuransi syariah itu menjadi khas syariah tetapi tidak ada di asuransi konvensional. Contohnya, produk asuransi syariah yang ada di dalamnya ditambahkan ada unsur wakaf. Jadi, orang yang mempunyai polis syariah, dia juga bisa sambil berwakaf," kata Yoga dalam wawancara eksklusifnya dengan Kompas.com secara virtual, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: 3 Asuransi Allianz Ini Bisa Dinikmati Nasabah Bank Hana

Asuransi syariah yang ditawarkan tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat beragama Islam, yang non-muslim pun juga dapat menikmati produk mereka, seperti di Allianz Life Indonesia berbasis syariah.

"Kita memberikan satu pilihan kepada masyarakat, baik itu yang muslim maupun non-muslim terhadap satu instrumen keuangan yang basisnya berbeda. Tidak sekadar transaksional tetapi juga ada unsur-unsur yang lain. Seperti ada unsur implementasi fairness-nya di situ," jelasnya.

Dia mencontohkan, dana kebaikan yang merupakan program Allianz contohnya, dikelola secara transparan dengan menampilkan data saldo serta pengeluarannya.

"Sehingga nanti klaim yang dibayarkan dari dana kebaikan itu lebih sedikit atau ada surplus maka dana surplus ini akan dibagikan kepada para peserta. Inilah uniknya di asuransi syariah yang tidak ada di konvensional," ujarnya.

Allianz Life Indonesia sendiri telah menggandeng Bukalapak dan Gojek untuk memudahkan akses pembayaran kontribusi atau premi asuransi.

Untuk di platform Gojek sendiri, tidak hanya sekadar akses pembayaran, tetapi juga menawarkan produk asuransi Allianz kepada para pemegang polis.

"Gojek adalah kerja sama kita untuk nasabah yang mau membayar premi asuransi. Jadi sebagai fasilitas payment gateway. Kita juga ada lagi di GoSure, itu kita menawarkan produk kesehatan yaitu tadi benefit-nya ketika pemegang polis rawat inap di rumah sakit, ada santunan harian yang akan dibayarkan oleh Allianz. Nama produknya hospital cash plan," katanya.

Selain memberikan keselamatan dan keamanan pada masyarakat umum, Allianz juga memberika fasilitas yang sama kepada para mitra Gojek.

"Satu lagi adalah kerja sama kita dengan Gojek untuk memberikan santunan kesehatan kepada driver Gojeknya," ujar Yoga.

Baca juga: Dana Kelolaan Allianz Life Naik Jadi Rp 42,7 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com