Kompas.com - 29/04/2021, 15:19 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai upaya meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan umat, Bank Central Asia Syariah (BCA Syariah) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus berupaya meningkatkan dan menyalurkan dana hibah produktif.

Direktur BCA Syariah Pranata mengatakan, fungsi dari perbankan syariah mengacu pada Undang-undang Nomor 21 tahun 2008, bank syariah bertujuan untuk membantu pembangunan, dan kesejahteraan rakyat.

“Tentunya kita sama-sama tau pemerintah tidak bisa bergerak dan kerja sendiri, kami turut membantu pemerintah untuk membangun dan mensejahterakan ekonomi dari sisi perbankan,” ungkap Pranata dalam virtual konferensi, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Asuransi Syariah Tidak Sekadar Transaksional...

Pranata mengatakan, perbankan syariah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan perbankan konvensional, salah satunya fungsi baitul maal yaitu menggalang dana sosial seperti ZIS (Zakat Infak dan Sedekah), dengan menyerap dana dari masyarakat.

“ZIS itu ditambah dengan hibah yang kita kelola dan kita salurkan melalui kerja sama dengan lembaga amil zakat seperti BAZNAS,” ungkap dia.

Pranata menjelaskan, untuk mempermudah menghimpun dana nasabah, BCA Syariah menyediakan rekening lembaga amil zakat terpercaya untuk memudahkan nasabah melakukan ZIS melalui mobile banking BCA Syariah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“BCA Syariah juga akan mempermudah fitur pembayaran zakat di aplikasi mobile banking dan internet banking yang mempermudah badan amil zakat mengelola ZIS,” ungkap dia.

Dalam memanfaatkan mobile banking BCA Syariah, ada juga kemudahan yang diperoleh nasabah, salah satunya kemudahan auto debit untuk zakat.

Baca juga: Ingin Menjadi Ahli Syariah di Pasar Modal? Simak Syaratnya di POJK Teranyar

Dengan demikian, nasabah secara bulanan bisa rutin menyisihkan 2,5 persen penghasilannya untuk ZIS secara otomatis.

Pranata mengatakan, dalam penyaluran zakat, BCA Syariah tidak hanya memberikan dalam bentuk tunai saja, tetapi juga berfokus pada edukasi dan peningkatan kemampuan para Mustahik (orang yang menerima zakat).

Programnya berbentuk bantuan langsung, seperti uang atau sembako. Ada juga bantuan nontunai seperti pelatihan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas saat bencana.

“Fokusnya disini BCA Syariah menitikberatkan dan fokus pada edukasi dan peningkatan kemampuan dalam usaha. Kita bekerja sama dengan BAZNAS sudah dari tahun 2018, saat itu kita membantu 20 Mustahik di Cipinang Jakarta Timur, di tahun 2018 - 2020 kita juga membantu di Wilayah Bekasi sejumlah 28 mustahik,” ungkap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.