Kompas.com - 29/04/2021, 15:29 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/4/2021). Pada libur Paskah PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 185.916 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek, meningkat 41,60 ?ri lalu lintas normal. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp. ANTARA FOTO/Fakhri HermansyahSejumlah kendaraan melintasi tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/4/2021). Pada libur Paskah PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 185.916 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek, meningkat 41,60 ?ri lalu lintas normal. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Satuan Tugas PT Jasa Marga (Persero) Tbk Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H siap mendukung upaya pengendalian transportasi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, berbagai inovasi akan dilakukan oleh Jasa Marga dalam rangka meningkatkan pelayanan dalam periode Lebaran tahun ini.

Salah satunya yaitu pengendalian operasional secara lebih efektif dan terintegrasi melalui Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) dalam rangka optimalisasi kinerja dan pelayanan.

"Selain itu, dua hal lainnya yang sangat menarik yaitu yang pertama, Jasa Marga bekerja sama dengan Indonesia Flying Club (IFC) akan melakukan pemantauan sekaligus uji coba patroli udara menggunakan pesawat Cessna untuk memperoleh informasi kondisi lalu lintas secara aktual," ujarnya melalui keterangan tertulis resminya, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: BCA Syariah dan BAZNAS Fokus Kelola Zakat Produktif

Kedua, Jasa Marga bersama Basarnas juga berencana melakukan simulasi penyelamatan korban kecelakaan melalui udara, sebagai salah satu upaya antisipasi dan persiapan penanganan kecelakaan lalu lintas serta peningkatan kemampuan petugas rescue.

Jasa Marga juga siap untuk memastikan kesiapan pelayanan berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dalam pengendalian perjalanan dan random check sampling di rest area. Kemudian, memastikan kondisi drainase, kesiapan sarana prasarana, serta pemenuhan seluruh substansi SPM jalan tol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu Jasa Marga juga akan memperhatikan aspek keselamatan dengan memantau dan melakukan pengendalian pada titik-titik rawan kecelakaan, longsor, dan lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas.

Lebih lanjut kata Subakti, kendati adanya larangan mudik dan volume lalu lintas tidak setinggi biasanya seperti sebelum pandemi Covid-19, Jasa Marga tetap akan siaga untuk memberikan layanan terbaik.

"Kami juga akan memastikan Tim Satgas dan seluruh tim operasional yang bertugas dipastikan telah mendapatkan vaksinasi dan selalu memperhatikan protokol pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19, salah satunya yaitu dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," ujarnya.

Baca juga: India Dilanda Tsunami Covid-19, Mendag: Tidak Ada Kendala Ekspor dan Impor



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.