Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] 3 Sajian Buka Puasa yang Tidak Biasa

Kompas.com - 29/04/2021, 17:17 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Sudah setengah jalan kita melaksanakan ibadah puasa ini, tapi apakah ada yang sudah mulai kebingunan ingin memasak apa untuk makan berbuka nanti?

Segala menu dan resep, barangkali, sudah pernah kita coba. Dari makanan favorit masih-masing orang di rumah hingga jajan makanan di luar.

Malah ada yang baru memakan makanan takjil, tapi sudah kenyang. Rasanya seperti tidak ingin makan besar lagi.

Namun, kamu mungkin tertarik dengan ketiga sajian untuk berbuka puasa ini, karena memang berbeda dari biasanya: dari Tempoyak Apel Hijau hingga Sambal Ujak Ikan Nila.

Apakah sudah terbadayang segarnya dari nama-nama tadi? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tempoyak Apel Hijau dan Sambal Buah Kemang, Menu Berbuka Puasa yang Istimewa

Apel ditempoyak? Terdengar tidak lazim memang, tapi cita rasa yang dihasilkan antara fermentasi durian (tempoyak) dan irisan apel membuat rasanya jadi segar.

"Biasanya, fermentasi durian yang disebut tempoyak itu digunakan untuk memasak ikan, seperti ikan patin, ikan gabus, atau ikan baung.

Nah, kali ini Kompasianer Elvidayanty Darkasih mencoba buah apel hijau yang dimasak dengan bumbu tempoyak.

"Apel yang saya gunakan adalah apel berwarna hijau yang rasanya ada campuran antara asam dan manis, dan daging buahnya lebih crispy," tulisnya.

Berikut bahan untuk bumbu yang digunakan selain dari tempoyak tadi: cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, kunyit, kemiri, sereh, daun salam, daun kunyit, dan daun jeruk. (Baca selengkapnya)

2. Berbuka Puasa dengan Menu Utama "Sambal Ujak Ikan Nila" Khas Rejang Lebong

Setelah sekian lama, akhirnya Kompasianer Ozy V. Alandika membuat sambal ujak untuk teman makan nasi saat berbuka puasa.

Dalam Bahasa Rejang, tulis Kompasianer Ozy V. Alandika, sambal ujak dikenal dengan sebutan sambea ujak atau sambea ujak nak lem boloak (sambal ujak dalam bambu).

Bukan hanya sambal, tentu saja, kini sambal ujak dihidangkan dengan ikan nila agar cocolan dengan nasi hangat semakin nikmat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com