Tindak Tegas Travel Gelap, Pengawasan Hingga ke Medsos

Kompas.com - 29/04/2021, 18:55 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindak 115 travel gelap yang nekat beroperasi mengangkut penumpang untuk mudik Lebaran 2021.   Sejumlah travel gelap itu terjaring di jalan tol, jalur tikus dan arteri kawasan Jakarta, selama dua hari Selasa (27/4/2021) dan Rabu (28/4/2021). KOMPAS.com/Muhamad Isa BustomiDirektorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindak 115 travel gelap yang nekat beroperasi mengangkut penumpang untuk mudik Lebaran 2021. Sejumlah travel gelap itu terjaring di jalan tol, jalur tikus dan arteri kawasan Jakarta, selama dua hari Selasa (27/4/2021) dan Rabu (28/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pehubungan (Kemenhub) memastikan bakal melakukan tindakan tegas terhadap travel gelap.

Terlebih di masa jelang larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah berkordinasi Kakorlantas Polri dan Ditlantas Polda untuk menindak moda transportasi non-resmi tersebut.

Baca juga: Sebelum Larangan Mudik Berlaku, Garuda Tebar Diskon Tiket 86 Persen

Berdasarkan hasil penyelidikan selama dua hari terakhir, diketahui lebih dari 110 kendaraan travel gelap berhasil ditangkap.

"Kami dalam rapat sepakat akan lakukan penindakan tegas terhadap travel gelap, dan dua hari ini sudah ada lebih dari 110 kendaraan terindikasi travel gelap yang tertangkap dan sekarang di Polda Metro," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/4/2021).

Budi mengatakan, dalam rapat tersebut disepakati pula pembentukan Patroli Cyber yang bekerja sama dengan Ditlandas Polda untuk mengawasi praktik travel gelap ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, transaksi jasa travel gelap sering terjadi di media sosial.

"Masing-masing Polda sekarang sudah membentuk Patroli Cyber. Karena transaksi masyarakat dengan para operator ini (travel gelap) tidak hanya secara fisik saja, tapi sudah menggunakan media sosial seperti FB, WA group dan sebagainya," jelas Budi.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, Kunjungan ke Mal Diperkirakan Naik 40 Persen Saat Lebaran

Budi menambahkan, nantinya para travel gelap yang tertangkap akan ditilang dan kendaraannya akan ditahan sampai jadwal sidang tilang.

Hal ini untuk membuat jera para pelaku travel gelap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.