Kompas.com - 30/04/2021, 09:33 WIB
Ilustrasi LinkAja LinkAjaIlustrasi LinkAja

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berhasil mendapatkan pendanaan series-B senilai lebih dari 100 juta dollar AS, LinkAja kembali melakukan aksi korporasi di kuartal II 2021 dengan mengakuisisi salah satu perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending yang telah terdaftar di OJK bernama PT iGrow Resources Indonesia (iGrow).

Langkah akuisisi iGrow ini bertujuan untuk memperluas lini bisnis LinkAja ke pembiayaan online, terutama untuk sektor produktif UMKM.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mendorong inklusi keuangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui kemandirian ekonomi.

Baca juga: Beli Saham LinkAja, Ini Rencana Gojek

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja mengatakan, perluasan lini usaha di bidang pembiayaan merupakan langkah LinkAja dalam memberikan kemudahan akses keuangan dan ekonomi, terutama kepada masyarakat kelas menengah ke bawah serta UMKM.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kemandirian ekonomi.

Selain itu, dukungan pemegang saham LinkAja juga merupakan salah satu modal utama LinkAja untuk dapat memberikan layanan pembiayaan yang aman, mudah, dan terpercaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Didukung jaringan ekosistem LinkAja yang kuat di berbagai daerah di luar pulau Jawa serta kota tier 2 (kota besar) dan tier 3 (kota menengah), LinkAja berharap dapat memberikan pemerataan akses pembiayaan terhadap pelaku UMKM yang selama ini masih terfokus di pulau Jawa dan kota tier 1 (metropolitan),” ungkap Haryati dalam siaran pers, Kamis (29/4/2021).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah pelaku UMKM saat ini mencapai 64 juta dengan pertumbuhan 2,02 persen setiap tahunnya.

Baca juga: Nasabah Pegadaian Kini Bisa Nabung Emas Lewat LinkAja

Tidak dapat dipungkiri, masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh UMKM, seperti kurangnya informasi dan akses pembiayaan untuk pengembangan usaha.

Berdasarkan data OJK per Desember 2020, total penyaluran pembiayaan online baru, meningkat sebesar 26,5 persen dibandingkan tahun 2019.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.