Kompas.com - 30/04/2021, 14:43 WIB
Gedung Menara Bank Danamon, Jakarta. Dok. Bank DanamonGedung Menara Bank Danamon, Jakarta.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk akan membagikan dividen dari laba bersih tahun 2020 sebesar 35 persen.

Dividen ini telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Jumat (30/4/2021).

Tahun lalu, laba bersih Bank Danamon mencapai Rp 1 triliun atau turun sebesar 75 persen secara tahunan atau year on year (yoy) dari Rp 4,07 triliun di akhir 2019.

Dengan rasio 35 persen, maka total dividen yang akan dibayarkan Bank Danamon mencapai Rp 352,66 miliar atau Rp 36,08 per lembar saham.

Sedangkan 1 persen dari laba bersih atau sebesar Rp 10,07 miliar akan dialokasikan sebagai cadangan umum sesuai dengan ketentuan Undang-undang Perseroan Terbatas. Sisa dari laba akan dibukukan sebagai laba ditahan perseroan.

Baca juga: Jamkrindo Lakukan Penjaminan Kredit Program PEN Rp 14,4 Triliun

Adapun penurunan laba itu salah satunya diakibatkan menurunanya pendapatan bunga bersih atau Net Interest Income (NII) perseroan sebesar 6 persen secara tahunan menjadi Rp 13,64 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu pula dengan pendapatan non-bunga yang terkontraksi sebesar 10 persen secara tahunan menjadi Rp 3,32 triliun.

Direktur Utana Danamon Yasushi Itagaki mengatakan, kondisi perekonomian yang menantang di tahun 2020 mendorong perseroan untuk melakukan berbagai inisiatif operasional.

"Ini kami lakukan dalam rangka menjaga dan meningkatkan produktivitas serta kualitas layanan terdahap nasabah di masa pandemi," ujarnya dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Jumat (30/4/2021).

Dia berharap langkah-langkah ini bisa memperkuat kinerja perseroan sehingga memiliki pondasi yang kokoh untuk mendukung pertumbuhan di masa datang.

Selain itu Yasushi juga mengatakan, Perseroan terus berupaya untuk meningkatkan imbal hasil bagi para pemegang saham dengan berfokus pada dividen dalam mewujudkan keseimbangan optimal antara modal ekuitas kuat dengan investasi strategis untuk pertumbuhan.

Baca juga: Sri Mulyani Siapkan Dana Rp 30,8 Triliun Buat THR PNS, Ini Rinciannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.