KILAS

Aktif Perangi Perubahan Iklim, PGN Upayakan Bisnis Berwawasan Lingkungan

Kompas.com - 30/04/2021, 16:51 WIB
Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Suko Hartono. DOK. Humas PGNDirektur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Suko Hartono.

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) turut berperan aktif memerangi perubahan iklim dan  mengajak masyarakat menjaga keberlanjutan bumi untuk kehidupan generasi mendatang.

Aksi lingkungan itu dilakukan PGN dengan kesadaran bahwa kegiatan operasionalnya mempengaruhi kondisi lingkungan yang terus mengalami perubahan drastis.

“Oleh karena itu, PGN melakukan berbagai upaya dalam menjalankan bisnis yang berwawasan lingkungan,” ujar Sekretaris PGN Rachmat Hutama dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (30/4/2021).

Dalam pengelolaan bisnis gas bumi, PGN berkomitmen meminimalkan dampak-dampak lingkungan. Hal ini termasuk emisi karbon dari operasional perusahaan guna melestarikan alam dan keberlanjutan bumi.

Baca juga: Kurangi Emisi Karbon, Signify Manfaatkan Luminer Cetak 3D

Emisi udara merupakan salah satu faktor penting dalam pemanasan global. Secara aktif, PGN membatasi emisi udara yang berkontribusi terhadap kenaikan suhu permukaan bumi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, PGN berkomitmen menjalankan operasi bisnis yang lebih efisien dan mengurangi emisi karbon dalam setiap aktivitas usaha, sesuai dengan Peta Jalan Transformasi Lingkungan PGN.

Di antara emisi udara yang signifikan, misalnya adalah emisi gas rumah kaca (GRK), Nitrogen oksida (NOX) serta Sulfur oksida (SOX).

Untuk diketahui, sejak 2012, PGN telah mengimplementasikan perhitungan jejak karbon dengan menggunakan Kalkulator Karbon untuk menghitung emisi gas rumah kaca.

Baca juga: Menko Luhut Targetkan Emisi Gas Rumah Kaca Turun 314 Juta Ton di 2030

Adapun emisi gas rumah kaca yang dihitung, di antaranya pada pemakaian listrik di gedung dan stasiun, pemakaian bahan bakar untuk generator dan kendaraan bermotor, pemakaian gas untuk chiller dan turbin kompresor, kegiatan penyaluran gas bumi, serta perjalanan dinas menggunakan pesawat.

Dari hasil pengukuran tersebut, PGN mencatat bahwa emisi karbon yang dihasilkan pada lingkungan usaha PGN adalah sebesar 76.524,67 ton carbon dioxide equivalent (CO2eq), atau menurun sebesar tujuh persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X