Meroket 224 Persen, Laba Amazon Capai Rp 117 Triliun di Kuartal I-2021

Kompas.com - 30/04/2021, 18:57 WIB
ilustrasi Amazon office businessinsider.comilustrasi Amazon office
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - Amazon mencatatkan pertumbuhan laba lebih dari dua kali lipat pada kuartal I-2021.

Kinerja perusahaan yang cemerlang diakibatkan oleh meroketnya aktivitas jual-beli online yang terjadi selama pandemi Covid-19. Selain itu, lini bisnis cloud dan iklan raksasa teknologi Amerika Serikat tersebut juga turut menopang pertumbuhan kinerja perusahaan.

Dilansir dari CNN, Jumat (30/4/2021), Amazon mencatatkan keuntungan sebesar 8,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 117,45 triliun pada tiga bulan pertama tahun ini.

Jumlah tersebut tumbuh 224 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Penjualan Meningkat, Amazon Bagi-bagi Bonus ke Pegawai

Realisasi pertumbuhan laba tersebut juga menggerus proyeksi analis Wall Street yang memperkirakan laba perusahaan di kisaran 4,98 miliar dollar AS.

Secara keseluruhan, pendapatan usaha Amazon selama kuartal I tahun ini mencapai 108,5 miliar dollar AS, tumbuh 44 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah tersebut juga melampaui perkiraan analis Wall Street di kisaran 104,5 miliar dollar AS.

Lini bisnis komputasi awan atau cloud perusahaan, Amazon Web Services mencatatkan pendapatan bersih sebesar 13,5 miliar dollar AS di kuartal I-2021.

Jumlah tersebut meningkat 32 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Amazon Web Services merupakan salah satu lini bisnis Amazon yang menyumbangkan pendapatan terbesar kepada induk perusahaan. Percepatan pertumbuhan pendapatan lini bisnis cloud tersebut ditopang oleh kain banyaknya perusahaan yang mengadaptasi teknologi untuk membantu pola kerja yang kian fleksibel.

Baca juga: Jeff Bezos Terancam Bayar Pajak Rp 79,8 Triliun Per Tahun, Kok Bisa?

Lini bisnis jasa layanan video on demand, Amazon Prime, pun mencatatkan kinerja yang cukup cemerlang tahun ini. Amazon Prime tercatat memiliki lebih dari 200 juta pelanggan berbayar.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.