Kementan Distribusikan 175 Kartu Tani di Ciamis

Kompas.com - 02/05/2021, 10:50 WIB
Ilustrasi petani sedang memanen hasil pertaniannya. Dok. Pexels/Pat WhelenIlustrasi petani sedang memanen hasil pertaniannya.


KOMPAS.com –Sebanyak 175 Kartu Tani didistribusikan kepada para petani di Gelanggang Olahraga (GOR) Desa Gereba, Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (1/5/2021).

Dengan demikian, para petani di wilayah tersebut sudah dapat menebus pupuk bersubsidi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap, petani dapat segera mengetahui cara memanfaatkan Kartu Tani.

“Dengan Kartu Tani, petani yang ingin mendapatkan pupuk bersubsidi akan dipermudah. Mereka cukup menggesek kartu tersebut ke mesin electronic data capture (EDC) untuk bisa menebus pupuk bersubsidi berdasarkan cara yang tertera,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Selain memudahkan petani, lanjut Syahrul, cara tersebut dapat meminimalisasi kecurangan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, pihaknya optimistis distribusi pupuk bersubsidi akan lebih tepat sasaran dengan kehadiran Kartu Tani.

"(Sebab), Kartu Tani susah untuk dicurangi. Data penerima manfaat untuk Kartu Tani juga lebih valid,” jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sarwo menambahkan, Kartu Tani memiliki banyak manfaat yang dapat dinikmati para petani.

“Pada tahap awal, Kartu Tani memang hanya untuk menebus pupuk subsidi. Tapi, pemegang Kartu Tani juga terdata sebagai penerima bantuan lain, khususnya untuk petani,” katanya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Desa Gereba Usman Ali mengatakan, 175 penerima Kartu Tani tersebut terdiri dari 92 warga Desa Gereba, 62 orang warga Desa Ciakar, dan 21 orang warga Desa Cieurih.

Dengan memiliki Kartu Tani, lanjut Usman, masyarakat bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dengan lebih mudah dan murah. Kartu ini juga dapat dimanfaatkan untuk menabung dan transaksi lainnya.

“Kartu Tani merupakan kartu debit multifungsi. Selain untuk mengambil pupuk bersubsidi, bisa (dimanfaatkan) untuk fasilitas lain. Bahkan, bisa (digunakan) untuk mengajukan kredit usaha,” terangnya.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X