16 Persen Nasabah BNI Masih Gunakan Kartu Debit Strip Magnetik

Kompas.com - 02/05/2021, 18:19 WIB
Kartu ATM dengan sistem magnetic stripes (kiri) dan chip (kanan) Kompas.com/Luthfia Ayu AzanellaKartu ATM dengan sistem magnetic stripes (kiri) dan chip (kanan)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus mendorong nasabah yang masih menggunakan kartu debit magnetic stripe atau strip magnetik untuk segera melakukan penukaran menjadi kartu debit berbasis cip.

Hal tersebut selaras dengan aturan Bank Indonesia (BI), yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis cip pada akhir 2021.

Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom mengatakan, sampai dengan Maret 2021 sudah terdapat 84 persen nasabah yang melakukan migrasi ke kartu debit berbasis cip.

Baca juga: Sudah Masuki Bulan Mei, BNI Jadi Blokir Kartu ATM Strip Magnetik?

Dengan kata lain, masih terdapat 16 persen nasabah yang belum menukarkan kartu debit magnetiknya.

"Kami optimistis 100 persen (nasabah) migrasi ke debit chip hingga batas waktu yang ditentukan oleh regulator," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Mucharom menyebutkan, BNI memasang batas akhir penggunaan kartu debit magnetik hingga 30 November mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini merupakan perpanjangan dari batas waktu semula yakni 30 April kemarin.

"Perpanjangan waktu tersebut mempertimbangkan kondisi pandemi yang masih berlangsung sehingga membatasi mobilitas nasabah," kata dia.

Baca juga: Bank Mandiri Blokir Kartu ATM Gesek Mulai Hari Ini, Segera Ganti Kartumu

Sampai saat ini, penonaktifan baru diberlakukan bagi kartu debit magnetik yang sudah berakhir masa berlakunya sebelum tanggal 30 April 2021.

Sementara kartu debit magnetik yang belum jatuh tempo masa aktifnya, masih dapat digunakan. Akan tetapi, Mucharom mendorong nasabah untuk segera melakukan penukaran kartu debit.

"Penggantian kartu bisa dilakukan di seluruh kantor cabang BNI terdekat serta BNI Sonic atau Self Service Openting Account, yang lokasinya dapat dicek di laman resmi BNI," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.