[KURASI KOMPASIANA] 4 Kreasi Menu Buka Puasa Berbahan Umbi-Umbian

Kompas.com - 02/05/2021, 23:59 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPASIANA---Salah satu sumber karbohidrat selain nasi yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah umbi-umbian.

Jenis umbi-umbian yang tersebar di tanah air kita pun beragam, mulai dari singkong, ubi jalar, kentang, talas, ganyong, dll. Setiap jenis tentunya memiliki tekstur dan cita rasa yang khas dan memiliki manfaatnya masing-masing.

Pada bulan puasa, umbi-umbian juga kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat menu takjil atau makanan buka puasa, baik yang bercita rasa manis maupun asin.

Berikut konten-konten menarik di Kompasiana mengenai resep menu berbahan dasar umbi-umbian yang bisa jadi ide menu buka puasa:

1. Awuk-awuk Ubi Kelapa, Nikmat Pangan Lokal untuk Berbuka

Memiliki stok ubi yang cukup banyak membuat Kompasianer Isnaini Khomarudin berkreasi dengan membuat awuk-awuk ubi kelapa.

Selain bahan dasar ubi ungu dan kelapa, bahan lain yang dibutuhkan adalah tepung ketan, gula, dan garam. Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah.

Awuk-awuk ubi kelapa ini selain bisa disajikan hangat sebagai takjil buka puasa, bisa juga disantap dalam keadaan dingin setelah menyimpannya di dalam lemari es.

Tak hanya lezat, kudapan ini juga memiliki kandungan untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu menjaga pencernaan. (Baca selengkapnya)

2. Bubur Singkong, Sajian Istimewa Keluarga dari Lahan Sendiri

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.