Pengusaha Nigeria Kepincut Mesin Buatan UKM Indonesia

Kompas.com - 03/05/2021, 14:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk-produk mesin yang dihasilkan oleh 7 pelaku usaha Indonesia yang berpartisipasi di pameran dagang Equipment and Manufacturing West Africa (EMWA) di Lagos, Nigeria, diminati para pengusaha Nigeria.

EMWA yang berlangsung pada 27-29 April 2021 adalah pameran-pameran dagang internasional yang menampilkan produk peralatan dan mesin manufaktur terbesar di Afrika Barat.

Pada pameran tersebut, mesin produksi UKM Indonesia catatkan potensi pembelian hingga 705.000 dollar AS.

”Upaya promosi perusahaan Indonesia, termasuk pelaku UKM oleh Kementerian Perdagangan di luar negeri, seperti di EMWA 2021, menunjukkan bahwa peluang produk Indonesia tetap terbuka dan diminati pembeli Nigeria. Diharapkan para pelaku usaha, termasuk UKM Indonesia akan terus terpacu untuk menembus pasar global,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan melalui siaran pers, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Minat Tukar Uang Pecahan Rp 75.000 Untuk Angpao Lebaran? Stok BI Tinggal 25 Juta

Sementara itu, Kepala ITPC Lagos Hendro menyampaikan, partisipasi Indonesia di EMWA 2021 merupakan salah satu upaya mempromosikan produk-produk Indonesia di mancanegara untuk mendorong kinerja ekspor nasional di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun partisipasi dilakukan secara daring, namun peluang ekspor selalu terbuka.

“Partisipasi Indonesia pada EMWA 2021 merupakan upaya promosi peralatan industri manufaktur. Meskipun partisipasi dilakukan secara daring, namun cukup mengundang minat pengusaha Nigeria dan negara sekitarnya," kata dia.

Menurut dia, para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan materi promosi dan juga waktu untuk berinteraksi dengan calon pembeli sesuai waktu pelaksanaan pameran.

Di samping itu, Hendro juga mengungkapkan, pada pameran tersebut, mesin pengolah hasil pertanian padi, jagung, singkong, hingga tiger fruit buatan UKM Cahaya Agro Teknik merupakan salah satu produk yang mengundang minat dan dicari pelaku usaha Nigeria.

Baca juga: 3 Hal Ini Jadi Kunci Sukses Pengembangan UKM

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.