BRI Siapkan Uang Tunai Rp 36,7 Triliun Untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran 2021

Kompas.com - 03/05/2021, 17:34 WIB
Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha DOKUMENTASI BRIbriDirektur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengalokasikan likuiditas sebesar Rp 36,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan nasabah perseroan di masa perayaan Idul Fitri 1442 H.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha menjelaskan, uang tersebut dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan juga untuk layanan unit kerja operasional (UKO) BRI.

Uang kas sebesar Rp 36,7 triliun tersebut meningkat 8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Cara Menghitung Zakat Fitrah dengan Standar Beras dan Uang Tunai

"Hal tersebut disebabkan karena mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat," kata Arga dalam konferensi pers virtual, Senin (3/5/2021).

Arga menjelaskan, jumlah tersebut juga telah mempertimbangkan adanya migrasi atau pergeseran pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya transaksi tunai menjadi nontunai secara digital.

Selain outlet konvensional, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI, di antaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454.000 Agen BRILink.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guna meminimalisir potensi penyebaran Covid-19, Arga mengimbau nasabah untuk bertransaksi secara nontunai atau cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp 13,4 Triliun

“Dengan menggunakan BRImo, masyarakat akan lebih mudah melakukan transaksi," ucap Arga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.