Warren Buffett Bakal Pensiun dari Berkshire Hathaway, Ini Penggantinya

Kompas.com - 04/05/2021, 05:05 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Warren Buffett mengatakan, pimpinan bisnis non asuransi Berkshire Hathaway, Greg Abel, bakal menjadi penggantinya untuk menduduki posisi teratas dari konglomerasi perusahaan tersebut.

Namun demikian, Buffett belum memberikan tanda-tanda akan meninggalkan posisi teratas di Berkshire Hathaway dalam waktu dekat.

Dilansir dari CNN, Selasa (4/5/2021), Abel selama ini telah dikenal sebagai salah satu dari dua orang yang dianggap bakal mengikuti jejak Buffett. Selain Abel, ada pula Ajit Jain yang saat ini memimpin bisnis asuransi Berkshire.

Baca juga: Pegawainya WFH, Google Hemat Lebih dari Rp 14,5 Triliun

Keduanya merupakan Vice Chairman dari perusahaan, bersama dengan Charlie Munger yang saat ini berusia 97 tahun. Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Buffett yang saat ini berusia 90 tahun mengatakan, Abel merupakan salah satu orang yang akan menggantikan dirinya, diikuti oleh Jain.

"Para direktur telah sepakat, bila terjadi sesuatu pada saya malam ini, Greglah yang akan menggantikan esok harinya," ujar Buffett.

"Bila ternyata surga tak menghendaki hal itu dan terjadi sesuatu pada Greg malam ini, maka (penggantinya) akan menjadi Ajit. Keduanya merupakan orang-orang hebat," ujar dia.

Sebelumnya, dalam pertemuan tahunan Berkshire yang dilakukan secara virtual, Munger sempat memberikan sinyal Abel bakal menjadi penerus dari Buffett.

Ketika ditanya terkait kondisi Berkshire yang dinilai sudah terlalu rumit untuk dijalankan sebagai satu perusahaan, Munger mengatakan kondisi usaha saat ini berjalan baik-baik saja.

Baca juga: Pertama Kalinya, Nilai Kekayaan Warren Buffett Lampaui Rp 1.440 Triliun

"Dan Greg akan menjaga kultur perusahaan," jelas dia.

Saat ini, Berkshire memiliki beragam usaha, mulai dari asuransi Geico hingga perusahaan produsen produk susu Dairy Queen. Selain itu Berkshire juga pemilik dari Brulington Northern Santa Fe Railway Company, produsen baterai Duracell, serta beragam perusahaan yang berberak di bidang konsumen, keuangan, industri, serta energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.