[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Pilihan Melanjutkan Sekolah | Bangga Jadi Geng "Anak IPA" | Acara Perpisahan Sekolah

Kompas.com - 04/05/2021, 12:07 WIB
Ilustrasi siswa SMA KOMPAS/A HANDOKOIlustrasi siswa SMA

KOMPASIANA---Dilema untuk melanjutkan sekolah antara apa yang diinginkan sendiri dan pilihan orangtua kadang membingungkan.

Karena jika keliru dalam memilih jurusan, misalnya, maka pilihannya jadi tetap menjalani itu atau pindah dan memulainya lagi dari awal.

Atau, kalaupun kita sudah mengenali potensi apa yang bisa dikembangkan ketika kuliah, belum tentu itu bisa dikomunikasikan dengan baik bersama orangtua, bukan?

Akan tetapi, sebagai anak semestinya mengerti bahwa biaya kuliah itu murah, maka perlu juga untuk menyesuaikan kemampuan finansialnya.

1. Melanjutkan Sekolah, Lebih Baik Pilihan Sendiri atau Orangtua?

Pada satu kesempatan, Kompasianer Tati Ajeng Saidah pernah ditanyakan muridnya yang galau tentang rencananya untuk melanjutkan sekolah setelah lulus nanti.

Hal yang membuat galau, tentu saja, antara mengikuti pilihan sendiri atau pilihan orangtua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menjawab itu, Kompasianer Tati Ajeng Saidah menyarankan agar memilih sekolah berdasarkan pilihan sendiri saja, tetapi mesti dikomunikasikan terlebih dahulu dengan orangtua.

"Berbicaralah secara baik-baik dengan orangtua tentang rencana melanjutkan sekolah sesuai dengan pilihan sendiri," tulis Kompasianer Tati Ajeng Saidah.

Akan tetapi, lanjutnya, orangtua agar bisa mengerti apabila diberikan pilihan itu, maka argumen yang diberikan bisa dipertanggungjawabkan di kemudian hari. (Baca selengkapnya)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.