Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Pandemi, Indonesia Terancam Balik Jadi Negara Low Middle Income

Kompas.com - 04/05/2021, 14:43 WIB
Fika Nurul Ulya,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa terang-terangan menyebut Indonesia terancam turun lagi menjadi negara berpendapatan menengah ke bawah akibat Covid-19.

Padahal sebelumnya, Indonesia sudah mampu menyabet kategori negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income) pada tahun 2019.

Sayangnya, akibat pandemi, pertahanan itu harus pupus.

Baca juga: Kuartal I Masih Resesi, Pemerintah Proyeksi Ekonomi -0,6 hingga -0,9 Persen

"Kontraksi ekonomi yang dialami pada tahun 2020 memberi risiko bagi indonesia untuk masuk ke dalam kategori lower middle income," kata Suharso dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) Tahun 2021, Selasa (4/4/2021).

Sebelum pandemi Covid-19, pemerintah sudah menyusun strategi agar Indonesia mampu terlepas dari jeratan negara berpendapatan kelas menengah.

Dalam RPJMN, strategi itu mampu mengantar Indonesia keluar dari negara berpendapatan menengah pada tahun 2036 dan diperkirakan menjadi negara maju pada tahun 2045.

"Di mana kita berasumsi Indonesia akan mampu keluar dari middle income country tahun 2036, jika ekonomi bisa tumbuh rata-rata 5,7 persen per tahun dan PDB per kapita 5 persen," ucap Suharso.

Karena pandemi sudah terjadi, pihaknya lantas segera melakukan penyesuaian dalam rencana pembangunan negara, termasuk melakukan desain ulang terhadap strategi transformasi ekonomi Indonesia.

Baca juga: Kuartal I-2021, Indonesia Diproyeksi Masih Dilanda Resesi

Bappenas telah menyiapkan 6 strategi besar dalam mendesain ulang transformasi pasca pandemi Covid-19, yang menggunakan tujuan pembangunan berkelanjutan sebagai instrumen utama.

Keenam strategi ini menjadi game changer untuk menuju Indonesia maju sebelum tahun 2045.

Sementara saat ini, Bappenas telah menyelesaikan rencana peta jalan transformasi ekonomi Indonesia yang diharapkan selesai dalam waktu dekat

"Kita perlu bekerja keras, bekerja cerdas, dan segera melakukan penyesuaian. Transformasi ekonomi nantinya dilakukan oleh dua strategi utama, yaitu mengubah struktur perekonomian dari lower productivity to higher productivity sectors, dan meningkatkan prioritas masing-masing sektor," pungkas Suharso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com