Kini Kirim Barang lewat KAI Bisa Langsung Diantar ke Alamat Tujuan

Kompas.com - 04/05/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi gerbong kereta api KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi gerbong kereta api
|

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Logistik meluncurukan layanan pengiriman barang premium, dengan nama KALOG+. Layanan ini disiapkan KAI Logistik untuk semakin mempermudah para pelanggan melakukan pengiriman barang.

Plt Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan, melalui layanan tersebut, penerima barang tidak perlu repot-repot untuk datang ke stasiun kereta api. KALOG+ akan memfasilitasi pengiriman barang hingga ke alamat tujuan.

Untuk melaksanakan layanan tersebut, KAI Logistik akan melibatkan ojek daring atau online, sebagai kurir pengiriman dari stasiun kereta api, menuju alamat tujuan pengiriman.

"Melalui KALOG+ berlaku untuk kiriman dengan berat hingga 10 Kg di mana tarif sudah termasuk dengan pengantaran melalui ojek daring hingga ke alamat penerima dalam kota dengan radius hingga 10 Km," ujar Ahmad dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Nilai Tukar Petani Turun, Begini Kata Kementan

Selain itu, melalui layanan ini KAI Logistik juga tidak memberlakukan tarif flat, melainkan dengan penyesuaian berat barang yang dikirim. Ini dilakukan agar layanan KALOG+ bisa bersaing dengan layanan pengiriman barang lain.

"Pelanggan tidak lagi dibebankan tarif flat untuk berat 1-10 kg melainkan menyesuaikan berat aktual dengan minimal berat 3 kg," kata Ahmad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Ahmad menyebutkan, waktu pengiriman melalui kereta api akan menjadi lebih cepat, khususnya pengiriman dalam Pulau Jawa yang hanya memakan waktu pengiriman satu hari.

Pada tahap awal, layanan KALOG+ baru tersedia di Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar dan akan secara berkelanjutan diperluas hingga kota-kota lainnya.

"Hadirnya KALOG+ melengkapi beragam penyempurnaan layanan KAI Logistik Express yang telah dilakukan sebelumnya," ucap Ahmad.

Baca juga: Pendapatan Anjlok, KAI Rugi Rp 315 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.