Asabri Serahkan Santunan Kematian Kabinda Papua yang Gugur

Kompas.com - 04/05/2021, 19:30 WIB
Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, Kabinda Papua yang gugur ditembak KKB.
TribunnewsBrigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, Kabinda Papua yang gugur ditembak KKB.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asabri (Persero) menyerahkan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja dan Tabungan Hari Tua almarhum Mayjen TNI (Anumerta) I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, Kepala Badan Intelejen Nasional Daerah (Kabinda) Papua yang gugur tertembak kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Penyerahan manfaat dilakukan langsung oleh Direktur Utama Asabri Wahyu Suparyono kepada ahli waris Maria Carolina, istri dari Mayjen I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

"PT Asabri merupakan Badan Usaha Milik Negara yang mengemban amanah untuk mengelola asuransi bagi prajurit TNI, Anggota Polri dan ASN Kemhan atau Polri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Asabri Salurkan Santunan Rp 20,7 Miliar ke Keluarga Korban Kru KRI Nanggala 402

"Untuk prajurit aktif yang melaksanakan tugas dan gugur karena kontak fisik senjata akan mendapat Manfaat Asuransi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Tabungan Hari Tua," tambahnya.

Dalam hal ini, Asabri menyerahkan asuransi berupa Santunan Risiko Kematian Khusus (SRKK) karena gugur dalam tugas sebesar Rp 450 juta, beasiswa Rp 60 juta, dan Nilai Tunai Tabungan Asuransi (NTTA) sebesar Rp 62,9 juta.

"Sesuai dengan Peraturan Pemerintah PP 54 Tahun 2020 tentang Asuransi Sosial Prajurit Prajurit TNI, Anggota POLRI dan Pegawai Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Kementerian Pertahanan Dan Kepolisian Republik Indonesia," ujar Wahyu.

Asabri kembali menunjuk Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) sebagai mitra kerja untuk penyaluran manfaat asuransi yang diterima oleh ahli waris.

Dalam kegiatan ini Direktur Utama Mandiri Taspen El Mamber Petamu Sinaga juga memberikan tali asih berupa santunan pendidikan sebesar Rp25 juta kepada ahli waris korban.

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama Asabri Fary Djemi Francis menyampaikan bela sungkawa atas gugurnya Mayjen I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

"Semoga almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan juga kesabaran, serta santunan yang diberikan dapat bermanfaat dan Asabri selalu menjadi sahabat perjuangan anda sepanjang masa," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X