Update Jam Operasional Tes GeNose C-19 di 15 Bandara Angkasa Pura I

Kompas.com - 05/05/2021, 04:07 WIB
Calon Penumpang di Bandara Sentani Jayapura menggunakanan layanan GeNose C-19 sebelum keberangkatan Calon Penumpang di Bandara Sentani Jayapura menggunakanan layanan GeNose C-19 sebelum keberangkatan


JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) telah dilengkapi layanan tes GeNose C-19 sebagai syarat bepergian naik pesawat, dengan jam operasional beragam di masing-masing bandara.

Semula, layanan tes GeNose C-19 di bandara yang dikelola Angkasa Pura I diberlakukan di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) dan Bandara Juanda Surabaya per 1 April 2021.

Kini, seiring berjalannya waktu berbagai bandara Angkasa Pura I lainnya juga melakukan implementasi alat tes Covid-19 buatan lokal tersebut secara bertahap sejak pertengahan hingga akhir April lalu.

Baca juga: Penumpang Pesawat di Bandara AP I Terus Melonjak Jelang Larangan Mudik

"Layanan GeNose C-19 yang telah diimplementasikan di seluruh bandara Angkasa Pura I semakin melengkapi layanan tes Covid-19 di bandara selain Rapid Test Antigen sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan udara,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangannya, dikutip Rabu (5/5/2021).

“Diharapkan dengan adanya berbagai pilihan layanan tes Covid-19 tersebut semakin memudahkan calon penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru," sambungnya.

Pada April 2021 lalu, total terdapat 42.123 calon penumpang yang menggunakan layanan GeNose C-19 -bandara-bandara Angkasa Pura I.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah tersebut menempati porsi rata-rata 7 persen dari total penumpang berangkat yang berjumlah 612.825 orang.

Baca juga: Mudik Dilarang, Kapal Penumpang Pelni Beralih Angkut Logistik

Adapun jumlah calon penumpang pengguna GeNose C-19 terbanyak terdapat di Bandara Juanda Surabaya yaitu 12.857 calon penumpang atau sebesar 5 persen dari jumlah penumpang berangkat sebanyak 256.689 penumpang.

Selanjutnya, jumlah pengguna GeNose C-19 tertinggi kedua terdapat di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo yaitu sebanyak 11.399 calon penumpang atau sebesar 16 persen dari jumlah penumpang berangkat sebanyak 70.848 penumpang.

Dalam memberikan layanan GeNose C-19 di 15 bandara, Angkasa Pura I menyediakan sebanyak 72 mesin GeNose C-19. Harga layanan GeNose C-19 di bandara - bandara Angkasa Pura I dipatok sebesar Rp 40.000.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X