Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Bill Gates dan Melinda Gates, Ini Pasangan Miliarder Dunia yang Berujung Bercerai

Kompas.com - 05/05/2021, 04:29 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan miliarder filantropis, Bill Gates dan Melinda Gates hari ini, Selasa (4/5/2021) telah mengumumkan rencana keduanya untuk bercerai.

Pengumuman tersebut diberitahukan oleh keduanya melalui akun Twitter masing-masing, yakni @billGates dan @melindagates.

Kedunya memutuskan untuk bercerai setelah selama 27 tahun menjalani hubungan pernikahan.

Dilansir dari Bloomberg, baik Bill dan Melinda Gates dalam keterangan singkat tersebut menjelaskan keduanya akan melanjutkan kerja sama untuk menjalankan kegiatan filantropi. Namun demikian, keduanya tidak mengungkapkan lebih lanjut mengenai rencana keuangan atau pembagian harta bila perceraian dilangsungkan.

Baca juga: Bill Gates dan Melinda Gates Bercerai, Kekayaan Rp 2.117 Triliun Jadi Pertaruhan

"Setelah melalui proses berpikir panjang dan banyak upaya untuk (mempertahankan) hubungan kami, kami telah memutuskan untuk mengakhiri pernikahan," ujar keduanya dalam keterangan singkat di masing-masing akun Twitter mereka.

"Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa, serta membangun yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk bisa memberikan akses kehidupan yang sehat dan produktif terhadap banyak orang," jelas keduanya.

Perceraian Bill dan Melinda Gates diperkirakan akan mempertaruhkan harta kedua belah pihak yang saat ini mencapai 146 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.117 triliun (kurs Rp 14.500).

Selain Bill dan Melinda Gates, sebelumnya juga terdapat pasangan miliarder dunia yang memutuskan untuk bercerai. Salah satu pasangan dengan nilai perceraian terbesar di dunia adalah Jeff Bezos dan MacKenzie Bezos. 

Baca juga: Bill Gates Menjadi Penguasa Lahan Pertanian di AS

Akibat perceraian tersebut, MacKenzie pun masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia. Namun demikian, ia kemudian menyumbangkan separuh dari harta yang ia dapatkan dari perceraian itu untuk kegiatan filantropi.

Berikut daftar lima perceraian miliarder termahal yang pernah tercatat, seperti dilansir dari Forbes:

1. Jeff dan MacKenzie Bezos, 35 miliar dollar AS (Rp 507,5 triliun)

Keduanya bertemu ketika bekerja di sebuah hedge fund D.E Shaw di New York. Jeff dan MacKenzie kemudian pindah ke Seattle, dan MacKenzie pun membantu Jeff membangun Amazon dari titik nol.

Pada April 2019, keduanya memutuskan untuk bercerai. Dari perceraian tersebut, MacKenzie menerima 4 persen saham Amazon senilai lebih dari 35 miliar dollar AS. Di sisi lain, Jeff akan tetap memiliki seluruh saham di perusahaann roket Blue Origin serta Washington Post. Setelah proses perceraian rampung, MacKenzie mengganti nama belakangnya menjadi Scott dan per April 2021, ia masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia dengan total harta mencapai 61,4 miliar dollar AS.

2. Bill dan Sue Gross, 1,3 miliar dollar AS (Rp 18,85 triliun)

Perceraian Bill dan Sue Gross menghasilkan miliarder baru. Sue mengajukan perceraian pada tahun 2016 lalu kepada suaminya seorang pendiri dari perusahaan aset manajemen Pimco. Dari hasil perceraian tersebut, Sue mendapatkan dana sebesar 1,3 miliar dollar AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com