Mulai Hari Ini, Beli Produk Lokal di E-commerce Dapat Gratis Ongkir

Kompas.com - 05/05/2021, 17:19 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bersama platform belanja online (e-commerce) memberikan subsidi gratis ongkos kirim (ongkir) hingga Rp 20.000 untuk belanja produk lokal Indonesia.

Subsidi gratis ongkir ini merupakan program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang berlangsung mulai hari ini, 5 Mei 2021.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, subsidu gratis ongkir ini bakal diberikan oleh 72 e-commerce.

Baca juga: Skema Bebas Ongkir E-Commerce Berlaku Jelang Lebaran, Cek Tanggalnya

"Ada 72 platform e-commerce bersama pemerintah sudah memberikan langsung oleh mereka sendiri, yaitu subsidi ongkir sampai Rp 20.000. Ini sudah berjalan," kata Lutfi dalam konferensi pers, Rabu (5/5/2021).

Lutfi menyebut, kampanye bangga produk lokal ini bakal berlangsung hingga tanggal 13 Mei 2021.

Awalnya, pemerintah bakal menanggung gratis ongkir yang diberikan e-commerce. Namun platform belanja daring rupanya ingin bahu-membahu bersama pemerintah menyediakan gratis ongkir. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sudah bisa langsung mengakses di halaman utama, sudah dituliskan ada beberapa produk barang Indonesia yang diberikan gratis ongkir sampai Rp 20.000, ditambah diskon-diskon lain agar memacu pertumbuhan ekonomi," ucap Lutfi.

Lutfi melanjutkan, pemerintah menargetkan pembelian produk lokal bisa masif dengan adanya program ini. Untuk itu pihaknya membantu e-commerce mengampanyekan program agar semua masyarakat mengetahui.

"Jadi pemerintah ikut menyebarluaskan gerakan nasional, memastikan semua orang mengetahui program belanja online. Hari ini kick off program mulai pukul 18.30 WIB sore sampai tanggal 13 (Mei 2021)," pungkas Lutfi.

Baca juga: Kata Pengamat Soal Subsidi Ongkir Rp 500 Miliar dari Pemerintah

Sebelumnya diberitakan, pemerintah akan memberikan subsidi ongkos kirim pada perayaan Harbolnas tersebut. Nilai subsidi yang bakal digelontorkan mencapai Rp 500 miliar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan stimulus ini merupakan amanat dari Presiden Jokowi yang berpesan untuk tetap menjaga tren pemulihan ekonomi sembari terus memulihkan aspek kesehatan masyarakat dari pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu (stimulus) yang terkait dengan demand side (permintaan) perlu dilanjutkan," ujarnya beberapa waktu lalu.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.