Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Dorong Pengembangan UMKM Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 05/05/2021, 20:01 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memperkuat dan mendukung pengembangan UMKM, termasuk pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan kapasitasnya.

Penandatanganan MoU antara BSI dan Kemenparekraf ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan Celebration Day Modest Fashion Founders Fund (MFFF) 2021 pada Rabu (5/5/2021).

Baca juga: BSI Salurkan Pembiayaan untuk Buka Pertashop di Pesantren

Tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan jasa dan produk perbankan syariah demi pengembangan UMKM, utamanya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, dukungan terhadap sektor UMKM akan terus dihadirkan oleh perusahaan.

BSI selama ini turut membantu agar semakin banyak pelaku UMKM yang naik kelas melalui penyediaan produk serta layanan-layanan keuangan syariah bagi mereka.

Hery mengatakan, sebagai upaya mendorong UMKM untuk berkembang dan naik kelas, BSI tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga pendampingan bagi pelaku usaha di antaranya melalui penyediaan Pusat Pelatihan dan Pendampingan UMKM, penyelenggaraan pelatihan pemasaran produk UMKM, dan pembangunan sentra UMKM di daerah.

“Dengan UMKM naik kelas, diharapkan dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujar Hery melalui siaran pers.

Baca juga: Penyaluran Kredit Mikro BSI Meroket 116,7 Persen

Penandatanganan MoU dengan Kemenparekraf menunjukkan komitmen BSI untuk mendorong pengembangan UMKM, dan menjadi lembaga keuangan syariah bagi pelaku usaha.

MoU ini bertujuan untuk mensinergikan pelaksanaan tugas serta wewenang BSI dan Kemenparekraf dalam rangka tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, kerja sama ini adalah bukti kongkrit adanya kolaborasi antarlembaga untuk membantu pelaku UMKM agar kembali menggeliat dan bangkit berproduksi.

“Ini adalah salah satu langkah mencapai tujuan Indonesia menjadi produsen halal terbesar dunia pada 2024. Kami InsyaAllah secara konsisten akan mengadakan kegiatan Modest Fashion Founders Fund yang sudah kami mulai sejak tahun 2019,” ujar dia.

Baca juga: Sandiaga Uno Kampanyekan Pengembangan Pariwisata Muslim Friendly

Sandiaga menambahkan, melalui fasilitas-fasilitas yang disediakan pemerintah dan lembaga, diharapkan akan memberikan kontribusi positif pada pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk UMKM modest fashion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com