Kompas.com - 06/05/2021, 07:54 WIB
Mata uang kripto Dogecoin ShutterstockMata uang kripto Dogecoin
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Harga mata uang kripto dogecoin kembali mencetak rekor harga tertinggi pada perdagangan Rabu (5/5/2021) kemarin.

Harga dogecoin mencetak rekor baru di harga 0,68 dollar AS per keping atau Rp 9.860 (kurs Rp 14.500) pada perdagangan kemarin, sebelum perlahan menyusut.

Harga dogecoin hari ini, Kamis (6/5/2021) diperdagangkan di kisaran 0,66 dollar AS per keping atau sekitar Rp 9.570.

Meski melemah 4,5 persen bila dibandingkan dengan rekor harga tertinggi, harga dogecoin tersebut masih menguat 20,2 persen bila dibandingkan perdagangan di waktu yang sama hari sebelumnya.

Baca juga: Dogecoin Melonjak 400 Persen Dalam Seminggu, Kok Bisa?

Dilansir dari CNBC, dogecoin adalah mata uang kripto yang dimulai sebagai sebuah meme pada tahun 2013 lalu. Mata uang kripto tersebut menggunakan meme anjing Shiba Inu dengan tulisan kartun yang saat itu sedang populer sebagai logo.

Lonjakan harga dogecoin dalam beberapa bulan terakhir didorong oleh maraknya spekulasi di pasar keuangan, salah satunya akibat para investor muda yang memulai trading selama pandemi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kenaikan harga dogecoin juga didorong oleh unggahan tweet Elon Musk dan Mark Cuban. Keduanya telah beberapa kali menyebut dogecoin dalam tweet mereka.

Cuban bahkan menyatakan, minatnya terhadap dogecoin saat ini lebih dari sekedar lelucon.
Ia mengatakan, selama seorang investor membelanjakan doge, maka nilainya akan meningkat seiring dengan kegunaannya yang meningkat pula. Menurut Cuban, doge bahkan memiliki potensi seperti alat tukar lainnya.

Dogecoin bahkan kini tercatat sebagai mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar keempat terbesar. 

Baca juga: Mengenal Dogecoin, Aset Kripto ‘yang Harganya Tengah Meroket

Coingecko mencatat, saat ini kapitalisasi pasar dogecoin mencapai 84,92 miliar dollar AS. Jumlah tersebut setara dengan 3,43 persen dari keseluruhan nilai kapitalisasi pasar dari mata uang kripto.

Dalam sebulan terakhir, harga dogecoin tercatat menguat 997,2 persen. Bahkan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, harga dogecoin sudah meroket hingga 26.227 persen.

Selain dogecoin, mata uang kripto lain yang mencetak kinerja cemerlang dalam sebulan terakhir adalah ethereum. Hari ini, harga ethereum kembali mencetak rekor tertinggi baru di kisaran 3.534 dollar AS per keping atau sekitar Rp 51,24 juta.

Baca juga: Simak Prospek Jangka Panjang Dogecoin dan Ethereum setelah Sentuh Level Tertinggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.