Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

Kompas.com - 06/05/2021, 08:05 WIB
Cara memilih beras untuk zakat fitrah. cara menghitung zakat fitrah, Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah? Pixabay/ImagePartyCara memilih beras untuk zakat fitrah. cara menghitung zakat fitrah, Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

JAKARTA, KOMPAS.com - Zakat fitrah adalah zakat jiwa yang dibayarkan saat bulan Ramadan hingga jelang Sholat Idul Fitri. Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah atau muzakki?

Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Mohamad Arifin Purwakananta, siapa saja yang wajib membayar zakat fitrah adalah mereka yang tak masuk dalam golongan penerima zakat atau mustahiq.

"Semua yang tak masuk kriteria mustahiq adalah yang mereka yang wajib bayar zakat," terang Arifin dikutip Kamis (6/5/2021).

Salah satu golongan mustahiq zakat fitrah adalah orang miskin dan fakir. Namun demikian, penentian miskin tak harus mengacu pada kriteria pemerintah yang biasanya mengacu pada Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga: Mengenal Zakat Mal: Pengertian, Hukum, dan Cara Menghitungnya

"Penentuan mustahiq ini berbeda dengan pengertian miskin versi pemerintah atau BPS. Untuk zakat ada patokan tersendiri, selama dia bukan muzakki (pembayar zakat), artinya dia mustahiq," tutur dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembayaran zakat fitrah tak harus dengan beras, namun menyesuaikan dengan makanan pokok di setiap masing-masing daerah.

Di Indonesia, Baznas memiliki pertimbangan tersendiri. Penerima zakat fitrah adalah berpedoman pada nisab atau batasan kekayaan.

"Yang dibantu adalah mereka yang di bawah nisab yaitu berpenghasilan sebesar di bawah Rp 6 juta (per bulan) menurut nisab emas. Tapi Baznas akan memabantu yang paling miskin dari kelompok ini ," kata Arifin.

Simak penjelasan lengkap soal cara menghitung zakat fitrah, termasuk perhitungan zakat mal di tautan berikut ini.

Baca juga: Perhitungan Zakat Fitrah dengan Beras dan Uang Tunai yang Benar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.