Turun 11,13 Persen, Laba Bersih Jasa Raharja Tahun 2020 Capai Rp 1,37 Triliun

Kompas.com - 06/05/2021, 12:14 WIB
Ilustrasi asuransi dan keuangan Thinkstock/NastcoIlustrasi asuransi dan keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Raharja (Persero) mencatatkan penurunan laba bersih sepanjang tahun lalu. Ini tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang menggerus pendapatan asuransi pelat merah itu.

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo mengatakan, pada 2020 perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 1,37 triliun, atau turun 11,13 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Penurunan ini karena faktor pendapatan yang memang menurun," katanya dalam diskusi virtual, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Perusahaan Investasi Milik Warren Buffet Catatkan Laba Bersih Rp 169,6 Triliun

Budi menjabarkan, pada tahun lalu Jasa Raharja meraup pendapatan sebesar Rp 5,7 triliun, atau turun sebesar 12,3 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Turunnya pendapatan diakibatkan oleh pandemi Covid-19, yang menyebabkan tingkat penjualan mobil baru mengalami penurunan dan juga terbatasnya pergerakan masyarakat dengan menggunakan moda transportas umum.

"Termasuk juga adanya pembatasan SIP di masing-masing moda angkutan yang ada," ujar Budi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikian, Jasa Raharja juga mampu menekan biaya operasional melalui berbagai efisiensi, sehingga realisasinya pada tahun lalu mengalami penurunan sebesar 38,89 persen menjadi Rp 4,2 triliun.

"Karena ada faktor penurunan klaim dan juga kita bagaimana situasi pandemi Covid-19 melakukan efisiensi yang cukup besar-besaran supaya kita bisa survive," ucap Budi.

Sebagai informasi, Jasa Raharja merupakan perusahaan BUMN bergerak di asuransi sosial.

Kehadiran Jasa Raharja untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat melalui dua program utamanya yakni asuransi kecelakaan bagi penumpang angkutan umum serta asuransi tanggung jawab. Tugas tersebut tertuang dalam Undang - undang (UU) nomor 33 dan 34 tahun 1964.

Baca juga: 17 Ahli Waris Korban Sriwijaya Air SJ 182 Terima Santunan Rp 50 Juta dari Jasa Raharja



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X