[KURASI KOMPASIANA] Bagaimana Menyikapi Kegagalan Secara Dewasa?

Kompas.com - 06/05/2021, 17:17 WIB
Ilustrasi lelah shutterstockIlustrasi lelah

KOMPASIANA---Saat mengalami kegagalan dari apa yang sudah dijalankan pasti merasa sakit hati. Kegagalan jadi sesuatu hal yang buruk dalam hidup.

Sebab, dalam melakukan suatu hal maka hanya bermuara pada 2 pilih: gagal dan berhasil.

Namun bukan berarti mesti berlarut-larut saat mengalami kegagalan. Meskipun tanpa bisa kita pungkiri ada kegagalan yang kita alami terkadang membuat patah semangat dan tidak memiliki gairah untuk keluar dari rongrongan tersebut.

Setiap orang ada jalannya, setiap jalan ada risikonya. Sudah siap gagal untuk sukses? Mari kita simak ketiga konten berikut ini!

1. Habiskan Jatah Kegagalanmu Sekarang Juga!

Setiap orang pastinya mempunyai satu keinginan, cita-cita atau target yang ingin dicapai dalam hidupnya.

Akan tetapi, tidak semuanya target yang dicita-citakan bisa berjalan dengan lancar hingga kemudian gagal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kegagalan merupakan serangkaian proses dalam mencapai hidup yang lebih baik. Dalam proses hidup, tulis Kompasianer Dani Ramdani, tak akan terlepas dari yang namanya gagal.

"Gagal adalah di mana kita berhenti untuk mencoba, dan berusaha untuk bangkit. Itulah kegagalan yang sesungguhnya," lanjutnya.

Sehingga pada masa tua nanti, jatah kegagalan kita sudah habis karena telah dicoba ketika masih muda, dan kita tinggal menikmati hasil dari usaha kita. (Baca selengkapnya)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X