Kompas.com - 06/05/2021, 19:02 WIB
SPBU Total KONTAN/BAIHAKISPBU Total

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Total Oil Indonesia memutuskan untuk menutup seluruh bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia.

Penutupan SPBU Total telah berlangsung sejak akhir 2020.

"(Penutupan SPBU) sekitar akhir 2020 atau awal 2021. PT Total Oil Indonesia memutuskan untuk melepaskan bisnis retail fuel kami di Indonesia," ungkap Marketing Manager Total Oil Indonesia, Magda Naibaho kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Sulap Lapangan Futsal Jadi SPBU Modular Shell, Didin Raup Omzet hingga Rp 700 Juta

Ia menjelaskan, Total memiliki 18 SPBU yang tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi (Jabodetabek) dan Bandung.

Artinya seluruh SPBU itu kini tak lagi beroperasi.

Menurut Magda, keputusan penutupan SBPU tersebut sudah selaras dengan strategi bisnis Total secara global.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Keputusan ini selaras dengan strategi Total secara global dalam hal manajemen portofolio kami secara aktif," ungkapnya.

Magda menambahkan, sebagai perusahaan yang sudah beroperasi sejak 2003 di Indonesia, Total memastikan akan terus menjalankan lini bisnis lainnya, seperti penjualan pelumas.

Baca juga: Minat Menjadi Pengusaha SPBU Shell Modular? Siapkan Dana Segini

"Kami tetap berkomitmen untuk terus menyediakan produk dan layanan unggulan di Indonesia, termasuk pelumas dan produk specialty lainnya," tutup dia.

Diketahui, Total Oil Indonesia merupakan unit bisnis dari perusahaan energi asal Prancis bernama Total S.A.

Bisnis perusahaan mencakup seluruh rantai minyak dan gas (migas) bumi.

Total Oil Indonesia memang beroperasi secara komersial sejak 2003, meski demikian Total sudah masuk ke Indonesia sejak 1968 melalui unit bisnis Total E&P Indonesia yang bergerak di bidang hulu migas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X