Pertamina Lanjutkan Pembayaran Ganti Rugi Insiden Kilang Balongan

Kompas.com - 07/05/2021, 17:00 WIB
PT Pertamina (Persero) melakukan verifikasi kerusakan rumah, fasilitas umum, serta kantor instansi pemerintah atas insiden terbakarnya Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. PT Pertamina (Persero).PT Pertamina (Persero) melakukan verifikasi kerusakan rumah, fasilitas umum, serta kantor instansi pemerintah atas insiden terbakarnya Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina melanjutkan proses pembayaran ganti rugi tahap kedua insiden Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat pada Kamis (6/5/2021). Penggantian ganti rugi meliputi pemberian biaya perbaikan untuk bangunan rumah dan properti yang terdampak kejadian di area Kilang Pertamina Balongan.

Unit Manager Communication Relation & CSR Kilang Cecep Supriyatna menjelaskan, masyarakat terlebih dahulu diberikan penjelasan dari tim Penanggulangan Dampak Kebakaran Tangki Balongan mengenai tata cara penilaian dan pola pembayaran melalui buku tabungan BRI.

Target penerima pembayaran ganti rugi perbaikan rumah terdampak pada tahap II ini sebanyak 421 pemilik rumah atau yang perwakilan ditunjuk pemilik rumah yang berasal dari Desa Sukaurip yang terdiri dari 4 Blok yaitu Blok Wisma Jati, Pakis, Kunir dan Gori. Adapun total rumah yang terdampak adalah 3.074 rumah di 6 Desa Kecamatan Balongan.

Warga yang hadir akan menandatangani berita acara sebagai bentuk persetujuan untuk menerima biaya perbaikan. Dana perbaikan akan disalurkan melalui buku tabungan. Warga yang hadir wajib membawa KTP asli sesuai data penerima buku tabungan, fotokopi KTP 2 rangkap, catatan data survey sesuai dengan stiker pendataan yang telah ditempel di setiap rumah yang telah diverifikasi.

Baca juga: Fokus Digitalisasi, CEO BTPN: 5.500 Karyawan Kami Memilih Karir yang Lain...

Warga dilayani oleh para petugas di 6 meja dan telah terbagi dengan jadwal yang sudah ditentukan, sehingga tidak menyebabkan terjadinya penumpukan. Pemberian ganti rugi biaya perbaikan tahap 2 ini akan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 6 - 10 Mei 2021, dan biaya perbaikan akan ditransfer paling cepat keesokan hari, setelah warga menandatangani berita acara.

“Pembayaran dilakukan setelah tim mengidentifikasi kerusakan yang dialami masing-masing warga dan melakukan validasi data. Perhitungan biaya perbaikan rumah warga ditetapkan mengacu pada peraturan pemerintah Kabupaten Indramayu yakni SK Bupati nomor 641/Kep.153-PUPR/2021 tanggal 8 Maret 2021 tentang Penetapan Harga Satuan Bangunan Gedung/Negara Tahun 2021,” terang Cecep dalam keterangan resmi, Jumat (7/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cecep berharap, pelaksanaan pembayaran biaya perbaikan tahap kedua ini dapat berjalan dengan lancar sehingga warga terdampak bisa terbantu untuk segera memperbaiki rumahnya. Salah satu warga penerima dari Desa Sukaurip, Kartini, menyampaikan bahwa biaya yang diterima sudah sesuai dengan kerusakan yang dialami.

Selain pemberian biaya perbaikan rumah dan properti, Pertamina juga menyiapkan layanan penanganan psikososial “Griya Pelangi” untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengalami tekanan psikis akibat kejadian di area Kilang Balongan. Griya Pelangi diluncurkan tanggal 6 Mei 2021 dan akan dibuka dari Senin hingga Sabtu Pukul 08.00-16.00 WIB. (
Reporter: Filemon Agung | Editor: Noverius Laoli)

Baca juga: Sempat Kejar-kejaran, KKP Tangkap 2 Kapal Illegal Fishing Asal Vietnam

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pertamina lanjutkan proses pembayaran ganti rugi kilang balongan tahap kedua



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X