E-COMMERCE

Cerita Inspiratif UMKM Asal Jepara Sukses Ekspor Produk Lokal lewat Program Ekspor Shopee

Kompas.com - 07/05/2021, 17:04 WIB
Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren perilaku masyarakat yang semakin maju ke arah digital, Toha melalui toko Bilbarkah mulai memanfaatkan platform belanja online. DOK. PRIBADI/TOKO BILBARKAHSeiring dengan perkembangan teknologi dan tren perilaku masyarakat yang semakin maju ke arah digital, Toha melalui toko Bilbarkah mulai memanfaatkan platform belanja online.
|

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

KOMPAS.com – Pepatah di atas mungkin bisa menggambarkan perjalanan Toha dan sang istri membangun bisnis online.

Awalnya, pasangan suami istri asal Jepara, Jawa Tengah (Jateng), itu memulai bisnis sebagai reseller produk fesyen muslim. Mulai dari berjualan secara offline, Toha hanya melayani pesanan dari rumah ke rumah dengan metode cash on delivery (COD) ke pembeli.

Jumlah pesanan yang dilayani pada saat itu pun masih dalam skala kecil. Kira-kira seminggu hanya satu atau dua produk saja.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren perilaku masyarakat yang semakin maju ke arah digital, Toha mulai memanfaatkan platform belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Pengalaman saya sebagai pembeli yang sering merasakan manfaat dari program gratis ongkos kirim (ongkir) Shopee di setiap transaksi menginspirasi saya dan istri membuka bisnis secara online di Shopee pada 2018,” cerita Toha dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan bergabung bersama Shopee, Toha berharap pembeli dari seluruh daerah dapat dengan mudah mengakses produk Bilbarkah dan meningkatkan penjualan bisnisnya.

Tidak disangka, toko Bilbarkah yang awalnya hanya menjadi reseller kini telah berhasil memproduksi produk sendiri bersama perajin jilbab di Jepara.

Bisnisnya pun kian berkembang secara pesat. Mulai dari hanya memiliki satu karyawan, lambat laun Toha sudah mempekerjakan 11 karyawan untuk membantu operasional toko Bilbarkah.

Setelah sekitar tiga tahun bergabung dengan Shopee, toko Bilbarkah sudah berhasil meningkatkan penjualan produk dan memiliki performa bisnis yang baik dengan memanfaatkan program gratis ongkir, voucher, dan flash sale.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.