ABM Investama Putuskan Tidak Tebar Dividen, Ini Alasannya

Kompas.com - 07/05/2021, 20:38 WIB
Ilustrasi rupiah Shutterstock/PramataIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ABM Investama TBK (ABMM) memutuskan tidak membagikan dividen untuk tahun buku 2020. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Direktur ABM Investama Adrian Erlangga mengatakan, kondisi keuangan perseroan masih belum mencapai laba.

"Keputusan RUPST yang kedua adalah untuk tidak melakukan pembagian dividen. Karena pada saat ini, posisi perseroan belum memiliki saldo laba bersih positif untuk tahun buku 2020," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Beli Saham Holywings, Nikita Mirzani Gelontorkan Miliaran Rupiah

Di tengah melambatnya perekonomian dunia akibat pandemi Covid-19, ABM memperoleh pendapatan sebesar 606,4 juta dollar AS atau bertumbuh 2,36 persen dari tahun 2019, dengan Ebitda 135,0 juta dollar AS.

ABM mengatakan, peningkatan pendapatan tersebut bersumber dari segmen kontraktor tambang dan juga tambang batu bara, masing-masing sebesar 7,76 persen dan 13,75 persen.

Lebih lanjut kata Adrian, berbagai strategi telah dipersiapkan untuk mendorong performa perseroan di sepanjang tahun 2021. Mulai dari meningkatkan sinergi dalam Grup ABM, hingga mengeskplorasi peluang menambah cadangan batu bara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ABM mengaku sebagai perusahaan induk senantiasa mendorong optimalisasi peran dari masing-masing entitas anak usaha sehingga mampu meningkatkan efisiensi biaya operasional dan mencatatkan laba bagi perseroan.

Selain itu, ABM juga mengaku terus memperkuat rantai nilai dan ekosistem usaha batu bara Grup ABM, mulai dari proses penambangan sampai dengan proses perdagangan (mining to trading). Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan sinergi dalam Grup ABM.

Baca juga: Hotman Paris Jor-joran Cairkan Deposito untuk Beli Saham Holywings

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.