KILAS

Dapat Bantuan Alsintan dari Kementan, Ketua Kelompok Tani di Lampung Tengah: Alhamdulillah

Kompas.com - 07/05/2021, 21:06 WIB
Pemberian alat dan mesin pertanian (alsintan) oleh Kementerian Pertanian (Kementan) disambut baik para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lampung Tengah. DOK. Humas KementanPemberian alat dan mesin pertanian (alsintan) oleh Kementerian Pertanian (Kementan) disambut baik para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lampung Tengah.

KOMPAS.com – Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lampung Tengah Supardi mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang diberikan Kementerian Pertanian (Kementan).

Menurutnya, pemberian alsintan itu telah membantu para petani dalam proses pengelolaan pertanian, sehingga membuat kualitas dan kuantitas hasil pertanian meningkat.

Alhamdulillah, waktu lalu kami sudah menerima alsintan dari Kementan. Ini jelas membantu para petani untuk mengelola hasil panen,” sebut Supardi seperti tertulis dalam keterangan persnya, Jumat (7/5/2021).

Selain itu, sambung dia, alsintan tersebut ternyata dapat memberikan manfaat bagi para petani yang menerimanya.

Baca juga: Ini Upaya Alternatif Kementan untuk Benahi Pengelolaan Pupuk Bersubsidi

“Semoga Kementan bisa terus mempertahankan program bantuan alsintan dan bisa lebih dimaksimalkan,” harapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, demi menggenjot sektor pertanian di Lampung Tengah, Kementan memberikan bantuan alsintan berupa dua traktor roda dan alat perontok padi (power thresher). Bantuan ini disalurkan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menerangkan, bantuan itu diharapkan dapat membantu petani meningkatkan produktivitas mereka.

Alsintan yang sudah diberikan ini harus bisa dimanfaatkan secara baik oleh petani, khususnya untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian,” tuturnya.

Baca juga: Uji Klinis Eucalyptus, Balitbang Kementan: Hasilnya Sangat Menggembirakan

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) PSP Kementan Sarwo Edhy menjelaskan, bantuan alsintan tersebut dicanangkan sebagai bentuk modernisasi pertanian Indonesia.

“Semua sektor sudah masuk industri 4.0, tidak terkecuali pertanian. Saat ini sektor ini sudah tidak bisa digarap secara konvensional, karena bisa tertinggal,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut dia, pertanian memerlukan pengerjaan lewat teknologi mesin dengan sentuhan digital. Hal inilah yang mendasari pemberian alsintan oleh Kementan.

“Ini juga menjadi bagian dari upaya mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri, dan modern,” imbuhnya.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Tanam, Kementan Maksimalkan Fungsi Saluran Irigasi Melalui RJIT

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X