Harga Dogecoin Kembali Cetak Rekor, Hari Ini Tembus Rp 10.498

Kompas.com - 08/05/2021, 12:38 WIB
Mata uang kripto Dogecoin ShutterstockMata uang kripto Dogecoin
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga dogecoin mencetak rekor baru pada perdagangan hari ini, Sabtu (8/5/2021).

Dikutip dari Coingecko, harga dogecoin hari ini pukul 12.00 WIB  mencapai 0,724 dollar AS per keping atau sekitar Rp 10.498 (kurs Rp 14.500).

Di sisi lain, harga terendah bitcoin dalam 24 jam terakhir berada di kisaran 0,57 dollar AS per keping atau sekitar Rp 8.265.

Volume perdagangan dogecoin dalam 24 jam terakhir mencapai 31,45 miliar dollar AS atau sekitar Rp 456,03 triliun.  Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, maka harga dogecoin telah meroket hingga 27.055 persen. 

Baca juga: Gubernur Bank Sentral Inggris Beri Peringatan untuk Investor Bitcoin dkk

Harga dogecoin melesat 25,8 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini, jumlah toket dogecoin yang terdapat di pasar mencapai 130 miliar. Berbeda dengan bitcoin yang jumlahnya terbatas 21 juta, jumlah token doge tidak terbatas.

Dogecoin adalah mata uang kripto yang terinspirasi dari meme atau lelucon yang kala itu marak di internet. Logo dogecoin pun berupa gambar anjing Shiba Inu dengan tulisan berupa lelucon yang berada di sekeliling koin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulanya, dogecoin diperkenalkan sebagai mata uang lelucon pada 6 desember 2013 lalu. Hingga akhirnya popularitasnya melesat lantaran mampu menarik perhatian dari komunitas online.

Saat ini, total kapitalisasi pasar dogecoin mencapai 94,03 miliar dollar AS. Dogecoin pun menjadi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat  dengan dominasi pasar mencapai 3,74 persen.

Baca juga: Tertarik Investasi di Bitcoin dan Mata Uang Kripto Lainnya? Simak Dulu Tips Ini

Efek Elon Musk

Dilansir dari CNBC, salah satu faktor pendorong melesatnya harga dogecoin dalam sepekan terakhir adalah unggahan tweet Elon Musk. Sebab, CEO tesla tersebut kerap menyebut dogecoin dalam akun twitternya dan membuat harga aset kripto tersebut melesan ke rekor harga tertinggi baru.

Selain itu, berbagai unggahan Musk tersebut turut menarik minat para investor ritel.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X