Tips Jitu Membeli Asuransi Unit Link agar Tak Merasa Ditipu

Kompas.com - 08/05/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi asuransi dan keuangan Thinkstock/NastcoIlustrasi asuransi dan keuangan

KOMPAS.com - Asuransi Unit Link akhir-akhir ini sedang menjadi buah bibir. Bahkan nasabah ramai-ramai menutup polis karena ogah rugi.

Asuransi unit link adalah jenis asuransi yang mengombinasikan dua produk, yakni asuransi dan produk investasi. Jadi, asuransi unit link merupakan produk asuransi yang memberi manfaat perlindungan sekaligus investasi.

Tentang Asuransi Unit Link

Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi unit link sangat pas buat Anda yang menyukai investasi jangka panjang dan bermaksud meningkatkan kekayaan.

Asuransi unit link juga bisa didekap oleh Anda yang masih bekerja dan ingin menyiapkan tabungan di masa depan.

Baca juga: Nasabah Komplain soal Unit Link, Ini Respons Bos Prudential

Tak dimungkiri, manfaat investasi menjadi ‘daya pikat’ dalam asuransi unit link. Bagaimana tidak? Anda mendapat dua keuntungan sekaligus dalam satu polis.

Dalam manfaat investasi ini, perusahaan asuransi menjamin uang tunai jika nasabah membayar premi secara konsisten. Anda dapat memilih investasi berdasarkan kebutuhan maupun profil risiko Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisa dalam bentuk reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, maupun surat berharga syariah.

Uang premi yang Anda bayarkan, sebagian digunakan untuk membayar produk perlindungan dan sebagian lagi ditempatkan pada produk investasi sesuai pilihan Anda.

Risiko Asuransi Unit Link

Namanya produk investasi, tidak ada yang bebas dari risiko meskipun dalam tingkatan yang rendah. Pun dengan unit link, risikonya meliputi:

• Penurunan nilai investasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.