Kompas.com - 08/05/2021, 14:06 WIB
Mata uang kripto Dogecoin ShutterstockMata uang kripto Dogecoin
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang kripto dogecoin belakangan menarik minat par ainvestor ritel. Pasalnya, dogecoin kerap mendapat sorotan dan dukungan dari orang-orang ternama seperti Elon Musk dan Mark Cuban.

Harga dogecoin pada perdagangan hari ini, Sabtu (8/5/2021) pun telah melesat 25,8 persen ke kisaran 0,724 dollar AS per keping atau sekitar Rp 10.498 (kurs Rp 14.500).

dalam setahun terakhir, harga dogecoin telah meroket hingga 27.055 persen. Tentu saja, bila melihat data-data tersebut, dogecoin bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang menjanjikan.

Namun, benarkah demikian?

Baca juga: Harga Dogecoin Kembali Cetak Rekor, Hari Ini Tembus Rp 10.498

Untuk diketahui, dogecoin adalah mata uang kripto yang terinspirasi dari meme atau lelucon yang kala itu marak di internet. Logo dogecoin pun berupa gambar anjing Shiba Inu dengan tulisan berupa lelucon yang berada di sekeliling koin.

Mulanya, dogecoin diperkenalkan sebagai mata uang lelucon pada 6 desember 2013 lalu. Hingga akhirnya popularitasnya melesat lantaran mampu menarik perhatian dari komunitas online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dogecoin diciptakan oleh Billy Markus yang berasal dari Portland, Oregon, Amerika Serikat, dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia.

Keduanya ingin menciptakan mata uang kripto yang lucu dan mampu menjangkau investor melebihi apa yang terjadi pada investor bitcoin. Mulanya, dogecoin digunakan sebagai sistem memberi tip di Reddit atau Twitter, ketika setiap pengguna memberi tip satu sama lain lantaran membagikan konten yang menarik.

Terlepas dari popularitasnya yang terus melesat, penting untuk mengetahui berbagai risiko investasi dogecoin

Dilansir dari Coindesk, berikut empat risiko investasi di dogecoin yang perlu diketahui oleh calon investor:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CoinDesk
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.