Bagaimana IHSG Jelang Idul Fitri? Simak Rekomendasi Sahamnya

Kompas.com - 10/05/2021, 08:10 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Senin (10/5/2021), di Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan akan konsolidasi. Akhir pekan lalu (7/5/2021), IHSG ditutup melemah pada level 5.970,24.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai, perkembangan pergerakan IHSG di pekan pendek menjelang Hari Raya Idul Fitri masih pada rentang konsolidasi wajar.

Menurut dia, kuatnya fundamental perekonomian Indonesia berdasarkan data yang telah dirilis serta fluktuasi nilai tukar rupiah akan memengaruhi pergerakan IHSG.

Baca juga: Apa Itu IHSG? Ini Pengertian, Manfaat, dan Cara Hitungnya

"Sehingga, selama support level terdekat dapat dipertahankan dengan kuat IHSG masih memiliki peluang untuk kembali pada jalur uptrend jangka pendeknya. Hari ini, IHSG berpotensi bergerak dalam rentang terbatas," sebut dia dalam rekomendasinya.

Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper berpendapat, IHSG hari ini bakal menguat meski investor cenderung melakukan aksi jual jelang libur panjang Idul Fitri pada pekan ini.

Ditambah lagi, pergerakan pada awal pekan akan minim sentimen dari data perekonomian.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Investor diperkirakan akan melakukan bargain hunting melihat pelemahan saat ini telah menyentuh level support dan berada di area jenuh jual. IHSG diprediksi menguat," proyeksi Dennies.

Adapun Analis Binnartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama memperkirakan indeks acuan bakal terkoreksi. Lantaran berdasarkan indikator moving average convergence divergence (MACD), stochastic, dan indeks kekuatan relatif menunjukkan sinyal negatif.

"Di sisi lain, terlihat pola long black marubozu candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG. Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance maksimum berada pada 5.883,52 hingga 5.972,18," sebut Nafan.

Baca juga: Naiknya Cadangan Devisa RI Belum Mampu Dongkrak IHSG Akhir Pekan Ini, Rupiah Menguat

Berikut rekomendasi saham hari ini:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X