Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombongan Pemudik Motor Terobos Pos Penyekatan, Ini Kata Kemenhub

Kompas.com - 10/05/2021, 15:46 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat suara terkait viralnya video rombongan pemudik motor yang menerobos pos penyekatan di Karawang. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (8/5/2021) dini hari lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di posko penyekatan mudik yang ada di Tanjung Pura, Karawang, Jawa Barat.

Ia bilang, jumlah kendaraan di perbatasan Karawang-Bekasi memang cukup tinggi di hari biasa. Namun jumlah kendaraan kian banyak karena adanya pemudik yang menggunakan motor.

"Jadi memang ini antara orang yang pulang ke daerah masing-masing (mudik) dan orang yang kerja kan menyatu, karena jalur Bekasi-Karawang atau sebaliknya itu banyak di lewati orang yang kerja di pabrik-pabrik, jadi populasi motor di sana cukup banyak," jelas Budi kepada Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Hari Ketiga Larangan Mudik, Kemenhub: Ada 14.751 Orang Lakukan Perjalanan Non-mudik

Dia mengatakan, petugas biasanya melakukan pemeriksaan di posko penyekatan dengan mengutamakan kendaraan berpelat luar daerah. Akibatnya dilakukan pemeriksaan, terjadi perlambatan pergerakan kenaraaan di jalur tersebut.

Imbasnya terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang dan padat. Sebab selain pemotor, jalur itu juga dilalui kendaraan logistik maupun mobil pribadi. Kerumunan tersebut dinilai riskan akan penularan Covid-19. Oleh karena itu, penyekatan pun di buka.

"Kalau cukup panjang itu, kita sudah punya SOP (standar operasional prosedur), kalau lebih dari 1 kilometer, itu diteruskan, jadi enggak usah ada penyekatan dulu. Biarin mencair dulu, karena kalau terjadi kerumunan kan juga enggak boleh," ungkapnya.

Baca juga: Larangan Mudik Dinilai Akan Menguntungkan UMKM Perkotaan, Mengapa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com