Kompas.com - 11/05/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi balkon rumah yang dihiasi beragam tanaman hias. SHUTTERSTOCK/ISA LONGIlustrasi balkon rumah yang dihiasi beragam tanaman hias.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Taiwan (APIT) Dede mengatakan, akhir-akhir ini permintaan akan produk tanaman hias cukup tinggi di Taiwan.

Oleh sebab itu, dia berharap peluang ini bisa dimanfaatkan oleh UMKM atau pemain eksportir.

"Seperti tanaman hias tanduk rusa, janda bolong, itu permintaanya tinggi di Taiwan. Mungkin ini PR untuk Kementerian Pertanian untuk membantu UMKM kita mengekspor tanaman hias kita yang ada di Indonesia," ujar Dede dalam Dialog Diaspora Ekpor Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Geliat Bisnis Tanaman Hias, Omzet Bisa Rp 40 Juta Sebulan

Walau demikian, dia mengakui, masih ada halangan yang ditemukan dalam ekspor tanaman hias.

Proses pengirimannya masih sulit dan belum bisa dilakukan secara legal.

Oleh sebab itu, Dede berharap kesulitan ini bisa diselesaikan oleh Kemendag atau Kementan agar proses masuknya produk ini bisa lebih mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mungkin karena ada tanahnya makanya masih belum bisa secara legal. Harusnya ini bisa diloby pemerintah, biar prosesnya mudah karena sangat potensial juga kan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.