Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Pembelian Parcel Makanan di Tokopedia Melonjak Hampir 5 Kali Lipat

Kompas.com - 11/05/2021, 15:52 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, beberapa platform e-commerce mengalami kenaikan transaksi untuk pembelian parsel. Salah satunya adalah Tokopedia.

Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia mengatakan, pihaknya mencatat parsel makanan, perlengkapan ibadah dan jilbab menjadi beberapa kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi tertinggi selama bulan Ramadan tahun ini jika dibandingkan dengan bulan sebelum Ramadan.

“Penjualan subkategori Jilbab, misalnya, meningkat hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, transaksi subkategori Perlengkapan Ibadah meningkat lebih dari 2 kali lipat. Sedangkan transaksi subkategori Parsel Makanan melonjak hampir 5 kali lipat,” ungkap Ekhel kepada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Skema Bebas Ongkir E-Commerce Berlaku Jelang Lebaran, Cek Tanggalnya

Untuk mengantisipasi berbagai lonjakan pembelian dan pengiriman barang yang umumnya terjadi menjelang Lebaran, Ekhel mengatakan pihaknya menggandeng sejumlah mitra untuk pengiriman paket.

Tokopedia juga mencatatkan nilai transaksi Zakat Maal meningkat hampir 3 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum Ramadan. Demikian juga dengan jumlah transaksi Donasi yang meningkat lebih dari 3 kali lipat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com