Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Merugi, Pengusaha Tolak Kebijakan Tutup Mal Selama Lebaran

Kompas.com - 12/05/2021, 13:41 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menolak ketentuan sejumlah daerah yang melarang operasional pusat perbelanjaan atau mal dan toko ritel terhitung sejak 11 sampai 16 Mei 2021.

Ketua Umum DPP Aprindo Roy N Mandey mengatakan, penutupan mal dan toko ritel akan menimbulkan kerugian yang signifikan secara materiil akibat kehilangan omzet dan rusaknya beberapa jenis barang persediaan yang telah diinvestasikan oleh pelaku usaha.

"Surat Edaran penutupan mal dan ritel merupakan praktek arogansi dari kepala daerah, karena dikeluarkan sangat mendadak, sama sekali tidak melibatkan kami perwakilan dan pelaku usaha untuk mencari solusi," kata Roy dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Tingkat Kunjungan Mal Diproyeksi Naik 40 Persen Saat Lebaran

Roy menegaskan, semenjak merebaknya Covid-19 mal dan toko ritel telah beroperasi dengan tetap memprioritaskan pelaksanaan protokol kesehatan.

"Sebenarnya, apa yang salah dari kami, sehingga kami diminta tutup beroperasi, prokes telah kami laksanakan ketika masyarakat datang untuk belanja," ujar dia.

"Kita mengkritisi sejumlah beberapa pemerintah daerah antara lain Kota Pekanbaru dan Kota Banjarbaru yang menerapkan penutupan mal dan ritel didalamnya secara tiba-tiba," tambah Roy.

Padahal, Lebaran disebut sebagai salah satu momentum bagi para pelaku usaha mal dan toko ritel agar tidak semakin terpuruk dari dampak pandemi Covid-19.

"Harapan kami SE penutupan pelarangan Mall & Ritel didalamnya dari pemerintah daerah, dikaji ulang dengan mencabut segera," ucap Roy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com