KKP Kembali Buka Penerimaan Peserta Didik Vokasi, Simak Syarat dan Jalurnya

Kompas.com - 12/05/2021, 16:10 WIB
Taruna di lembaga pendidikan di lingkungan KKP. ANTARA/HO-KKP Taruna di lembaga pendidikan di lingkungan KKP.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali membuka program penerimaan peserta didik vokasi pada satuan pendidikan di lingkungan KKP.

Melalui Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan BRSDM, KKP membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru, untuk satuan pendidikan tinggi pada 10 Mei – 8 Juli 2021 dan satuan pendidikan menengah pada 10 Mei – 12 Juni 2021.

Kepala BRSDM, Sjarief Widjaja mengatakan, pihaknya menerapkan sistem vokasi dengan pendekatan teaching factory (Tefa) yakni 70 persen praktik dan 30 persen teori untuk pendidikan tinggi. Sementara untuk pendidikan menengah 60 persen praktik dan 40 persen teori.

Baca juga: Update Pelamar Sekolah Kedinasan Favorit dan Sepi Peminat

"Kami mendidik para siswa dan taruna/i secara kemiliteran untuk membangun kedisiplinan , kejujuran, jiwa korsa, teamwork, dan sebagainya. Karena kerja di bidang KP tidaklah mudah, tidak bisa di kota besar, harus di remote area,” terang Sjarief Widjaja dalam siaran pers, Rabu (12/5/2021).

Adapun satuan pendidikan tinggi di lingkungan KKP terdiri dari 13 Politeknik dan 1 Akademi komunitas kelautan dan perikanan.Satuan pendidikan ini memiliki program Diploma IV, III, dan I.

Program Diploma IV diselenggarakan oleh Politeknik Ahli Usaha Perikanan (Politeknik AUP). Program Diploma III diselenggarakan oleh Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) Sidoarjo, Bitung, Sorong, Karawang, Bone, Kupang, Dumai, Pangandaran, Jembrana, Aceh, Pariaman dan Maluku.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sementara program Diploma I oleh Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AK-KP) Wakatobi. Satuan pendidikan menengah terdiri dari 5 SUPM, meliputi SUPM Ladong, SUPM Pariaman, SUPM Kotaagung, SUPM Tegal, dan SUPM Waiheru," sebut dia.

Baca juga: Update 6 Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat, Peluang Besar Masuk ASN

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X