Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Jadwal KRL Jabodetabek dan KRL Yogya-Solo Saat Lebaran

Kompas.com - 13/05/2021, 00:59 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – KRL di wilayah Jabodetabek dan KRL Yogya-Solo tetap beroperasi pada hari libur nasional dan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, 12-14 Mei 2021.

Hal tersebut dipastikan PT KAI Commuter sebagai operator KRL Commuter Line Jabodetabek dan KRL Yogya-Solo. Meski begitu, KAI Commuter tetap membatasi layanan operasional perjalanan KRL dari segi frekuensi perjalanan maupun jam operasional (jadwal KRL terbaru).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan bahwa untuk operasional pelayanan perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah berlaku mulai pukul 04.00 – 20.00 WIB.

Baca juga: KRL Yogyakarta-Solo Tetap Beroperasi saat Libur Lebaran

Selama jam operasional di masa libur Lebaran tersebut, KRL Jabodetabek dijalankan dengan total 886 perjalanan KRL setiap harinya.

“Selama pembatasan operasional ini, KAI Commuter juga menerapkan pembatasan pengguna yang akan naik dan turun di Stasiun Tanah Abang,” tegas Anne Purba dalam keterangan resminya, dikutip pada Kamis (13/5/2021).

Ia menambahkan bahwa mulai pukul 15.00 – 19.00 WIB, Stasiun Tanah Abang tidak melayani pengguna yang hendak naik dan turun di stasiun tersebut.

Kendati demikian, Stasiun Tanah Abang tetap dibuka pada jam tersebut dan difungsikan hanya melayani pengguna KRL yang transit untuk berpindah relasi KRL di stasiun tersebut.

Baca juga: Seputar KRL Jogja-Solo: Jadwal, Harga Tiket, dan Stasiun Pemberhentian

“Sedangkan untuk perlayanan perjalanan KRL lintas Tanah Abang – Maja/Rangkasbitung, selama pembatasan operasional ini Stasiun Rangkasbitung, Citeras dan Maja tidak melayani naik-turun pengguna KRL. Untuk perjalanan KRL pada lintas tersebut hanya sampai Stasiun Tigaraksa/Cikoya saja,” jelas Anne Purba.

Hingga tanggal 11 Mei 2021, KAI Commuter mencatat rata-rata volume pengguna KRL Jabodetabek per harinya sebesar 358,580 orang. Angka tersebut merupakan catatan selama pembatasan layanan operasional perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek yang berlaku mulai 6 Mei lalu.

Jumlah penumpang tercatat turun 9 persen dari rata-rata volume per hari dalam operasional normal selama bulan Ramadhan (13 April – 5 Mei 2021) yang mencapai 394.756 orang.

Baca juga: Apakah Naik Kereta Api Jarak Jauh Harus Pakai Rapid Test?

Jadwal KRL Yogya-Solo dan Prameks saat Lebaran

Pada pelayanan perjalanan KRL Yogya-Solo selama hari libur tersebut, KAI Commuter tetap mengoperasikan pelayanan perjalanan KRL Yogya-Solo sebanyak 20 perjalanan per harinya.

Jumlah perjalanan tersebut dilayani dengan jadwal operasional mulai pukul 05.00 – 19.10 WIB pada Stasiun pemberangkatan awal.

Sementara untuk operasional pelayanan perjalanan KA Lokal Prambanan Ekspres (Prameks) relasi Yogyakarta-Kutoarjo PP tetap mengoperasikan 8 perjalanan per harinya, mulai pukul 05.15 WIB hingga pukul 17.35 WIB.

Anne Purba menyampaikan, untuk rata-rata volume pengguna KRL Yogya-Solo per harinya selama bulan Ramadhan sebelum pemberlakuan pembatasan operasional (13 April – 5 Mei 2021) sebanyak 4.288 orang.

Baca juga: Mulai 25 Maret, 10 Stasiun KRL Ini Tak Layani Tiket Harian Berjaminan

Sedangkan rata-rata volume pengguna KRL Yogya-Solo per hari pada masa pembatasan operasional yang dimulai 6 Mei lalu adalah sejumlah 3.363 orang atau turun 22 persen.

“Dalam layanan selama masa angkutan lebaran ini, KAI Commuter memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para pengguna pada masa pembatasan mobilitas ini,” ujar Anne.

Pihaknya juga mengimbau calon penumpang untuk tetap mengikuti dan mendukung peraturan baik dari pemerintah pusat maupun daerah setempat dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui pembatasan mobilitas masyarakat.

“KAI Commuter juga tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanannya dan mewajibkan seluruh pengguna jasanya untuk selalu menerapkan 3M, memakai masker kain minimal tiga lapis atau menggunakan masker kesehatan, menjaga jarak antar pengguna, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan KRL,” tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com