Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Praktis Mengembangkan Bisnis Kecil di E-commerce

Kompas.com - 13/05/2021, 08:05 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era yang berorientasi digital saat ini sangat penting bagi perusahaan besar, menengah, dan kecil untuk mempertimbangkan menyiapkan platform e-commerce untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam industri yang sudah jenuh.

Sebab, saat ini juga sudah semakin banyak bisnis kecil yang menjalankan toko online yang sukses dan menguntungkan.

Mengutip dari Entrepreneur, Kamis (12/5/2021), berikut adalah 5 tips praktis untuk mengembangkan bisnis di e-commerce.

Baca juga: Menengok Peluang Bisnis di Balik Peningkatan Kendaraan Bermotor

1. Perluas jangkauan bisnis Anda

Dibandingkan dengan toko fisik, jangkauan dan cakupan jangkauan yang dapat dicapai bisnis Anda melalui e-commerce benar-benar tak tertandingi.

Ketika produk / layanan Anda berada dalam lokasi fisik, jangkauan Anda sebagian besar terbatas pada pelanggan yang dapat dengan mudah mengakses toko Anda baik dengan berjalan kaki atau beberapa bentuk transportasi.

Dengan e-commerce, tidak ada batasan seperti itu. Selama Anda mengadopsi strategi pemasaran yang kuat dan efektif , maka Anda dapat menjual eceran ke basis pelanggan yang jauh lebih luas.

Anda tidak lagi terbatas pada pasar lokal di wilayah Anda, dan sebaliknya, pelanggan nasional maupun internasional dapat menelusuri dan membeli produk / layanan Anda.

Ini sangat menguntungkan bagi bisnis kecil karena e-niaga menghapus batasan geografis dan sangat meningkatkan keuntungan.

Baca juga: Mitra Bisnis DANA Bisa Bikin Promo Sendiri, Ini Caranya

2. Model bisnis yang terjangkau

Keterjangkauan adalah faktor penting lainnya. Membangun dan memelihara usaha e-commerce jauh lebih murah daripada tanggung jawab yang terkait dengan toko fisik.

Pada akhirnya, menjual produk / layanan Anda dalam lokasi fisik membutuhkan investasi besar yang berkelanjutan dan mahal.

Biaya yang terkait dengan sewa, listrik, pemanas, dan pembersihan dapat dengan cepat mulai menumpuk dan menghabiskan sebagian besar keuntungan yang Anda peroleh.

Baik Anda baru memulai atau berpikir untuk mengembangkan bisnis kecil, penting untuk mempertahankan keuntungan sebanyak mungkin sehingga Anda dapat menginvestasikannya kembali ke merek Anda .

Platform e-commerce adalah rute yang jauh lebih menguntungkan secara finansial bagi siapa pun yang memiliki bisnis kecil sendiri, tetapi tidak ingin menghabiskan seluruh anggaran mereka untuk biaya operasional.

Baca juga: Intip Bisnis Menarik di Kala Pandemi, Puzzle Bertemakan Nusantara

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com