5 Tips Praktis Mengembangkan Bisnis Kecil di E-commerce

Kompas.com - 13/05/2021, 08:05 WIB
Ilustrasi digitalisasi bagi UMKM. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi digitalisasi bagi UMKM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era yang berorientasi digital saat ini sangat penting bagi perusahaan besar, menengah, dan kecil untuk mempertimbangkan menyiapkan platform e-commerce untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam industri yang sudah jenuh.

Sebab, saat ini juga sudah semakin banyak bisnis kecil yang menjalankan toko online yang sukses dan menguntungkan.

Mengutip dari Entrepreneur, Kamis (12/5/2021), berikut adalah 5 tips praktis untuk mengembangkan bisnis di e-commerce.

Baca juga: Menengok Peluang Bisnis di Balik Peningkatan Kendaraan Bermotor

1. Perluas jangkauan bisnis Anda

Dibandingkan dengan toko fisik, jangkauan dan cakupan jangkauan yang dapat dicapai bisnis Anda melalui e-commerce benar-benar tak tertandingi.

Ketika produk / layanan Anda berada dalam lokasi fisik, jangkauan Anda sebagian besar terbatas pada pelanggan yang dapat dengan mudah mengakses toko Anda baik dengan berjalan kaki atau beberapa bentuk transportasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan e-commerce, tidak ada batasan seperti itu. Selama Anda mengadopsi strategi pemasaran yang kuat dan efektif , maka Anda dapat menjual eceran ke basis pelanggan yang jauh lebih luas.

Anda tidak lagi terbatas pada pasar lokal di wilayah Anda, dan sebaliknya, pelanggan nasional maupun internasional dapat menelusuri dan membeli produk / layanan Anda.

Ini sangat menguntungkan bagi bisnis kecil karena e-niaga menghapus batasan geografis dan sangat meningkatkan keuntungan.

Baca juga: Mitra Bisnis DANA Bisa Bikin Promo Sendiri, Ini Caranya

2. Model bisnis yang terjangkau

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X