Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peredaran Uang Tunai Selama Lebaran Capai Rp 154,5 Triliun

Kompas.com - 16/05/2021, 17:30 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA,KOMPAS.com - Penarikan uang kartal atau uang tunai selama periode Lebaran tahun 2021 meningkat 41,5 persen dibandingkan periode sama tahun 2020.

Bank Indonesia (BI) mencatat, total penarikan uang kartal oleh perbankan secara nasional hingga tanggal 11 Mei 2021 yakni hari operasional terakhir sebelum libur Lebaran, mencapai Rp 154,5 triliun. Adapun pada periode yang pada tahun lalu hanya mencapai Rp 109,2 triliun.

Marslison Hakim, Kepala Departemen Pengelolaan Rupiah BI mengatakan, peningkatan permintaan uang kartal pada periode lebaran tahun ini sudah diperkirakan BI seiring dengan asumsi pertumbuhan ekonomi dan bertambahnya mobilitas masyarakat.

"Selain itu, bertambahnya permintaan uang kartal pada periode Lebaran tahun ini juga disebabkan adanya program bantuan sosial tunai pemerintah yang dibayarkan bertepatan dengan periode lebaran," kata Marslison dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Simak Tips Menata Kembali Keuangan Setelah Lebaran

Di sisi lain, pelarangan mudik Lebaran 2021 berada dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Mikro. Hal ini berbeda dengan larangan mudik tahun 2020 yang berada dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar. Ini pula yang menjadi salah satu faktor yang sudah diperhitungkan sebelumnya atas proyeksi kenaikan penarikan uang tunai tersebut.

Khusus untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek), realisasi penarikan uang tunai tersebut mencapai Rp 34,8 triliun atau naik 61 persen dibandingkan penarikan uang kartal periode Lebaran tahun lalu sebesar Rp 21,7 triliun.

Realisasi penarikan uang kartal pada periode Lebaran tahun 2021 ini sebetulnya melampaui proyeksi BI sebelumnya. Semula diperkirakan hanya mencapai Rp 152,14 triliun atau meningkat 39,33 persen. (Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat)

Baca juga: Bayar Denda ke Pemerintah China, Alibaba Rugi Rp 12,01 Triliun

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Peredaran uang tunai selama Lebaran mencapai Rp 154,5 triliun, meningkat 41,5%

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com