Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Kiat-kiat Ketika Menawar | Belanja Jadi Self Reward | Mendalami Prinsip Minimalis

Kompas.com - 16/05/2021, 22:03 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Kegiatan tawar menawar merupakan kegiatan lumrah yang sering dilakukan konsumen saat akan berbelanja, baik di pasar tradisional maupun di toko.

Proses tawar menawar dapat dikatakan bukan perkara mudah, terlebih tidak semua orang dapat melakukannya sebab dibutuhkan taktik jitu agar barang yang diinginkan mendapatkan potongan harga yang lebih murah.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba tawar menawar saat berbelanja namun masih ragu dengan kemampuan yang Anda miliki.

Berikut Kompasiana telah merangkum 3 konten terkait tip tawar menawar hingga prinsip minimalis menangkal godaan diskon.

1. Tips yang Bikin Pola Pikir Kita Berubah dalam Hal Tawar Menawar

Mendapatkan harga yang lebih murah saat berbelanja, tentu merupakan keinginan semua orang. Oleh karenanya, untuk mendapatkannya diperlukan usaha tawar menawar.

Kompasianer, Adrian Chandra Faradhipta membagikan pengalamannya selama 5 tahun di dalam dunia pengadaan barang dan jasa.

"Selama lima tahun lebih itu juga saya mungkin sudah ribuan kali bernegosiasi terkait berbagai macam hal terutama harga dengan para penyedia barang dan jasa," ujarnya.

Tentu apa yang ia lakukan tidak selalu mulus, ada saja kendala dan diskusi yang berujung tidak optimalnya penurunan harga dari penyedia barang dan jasa.

Berbekal ilmu pelatihan efective negotiation dan communication skills dari kantornya, justru semakin memperluas wawasanannya dalam mempraktikkan cara negosiasi yang efektif.

Menurutnya, ketika bernegoisasi atau saat akan melakukan proses tawar menawar, hal utama yang harus dimiliki ialah mengubah terlebih dahulu pola pikir menjadi win-win dalam bernegosiasi saat akan menawar harga. (Baca selengkapnya)

2. Sering Dianggap Pemborosan, Sebenarnya Belanja Jadi Self Reward bagi Perempuan

Wanita dan belanja bisa dibilang satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Bagi sebagian wanita, kegiatan berbelanja merupakan kegiatan yang menyenangkan karena dapat menghilangkan stres.

Bahkan tak jarang, sebagian wanita yang awalnya mungkin hanya berniat belanja dengan jumlah yang sedikit, namun justru sering kali gelap mata hingga akhirnya membeli barang-barang di luar dari list.

Sulit memang menahan hasrat untuk berbelanja, apalagi ditambah dengan sifaat bawaan wanita yang mudah tergiur dengan barang-barang diskon yang tampak bagus dan menggemaskan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com