IHSG Pasca-Lebaran Bakal Hijau? Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 17/05/2021, 08:08 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020). ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAKaryawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pasca libur Lebaran, diprediksi akan bergerak terkonsolidasi. Sebelum libur Lebaran,  Selasa (11/5/2021) lal, IHSG ditutup melemah pada 5.938,35.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper memperkirakan IHSG Senin (17/5/2021) bakal menguat.

IHSG mendapatkan sentimen dari optimisme bursa saham Amerika Serikat (AS) dan Jepang serta menantikan kinerja emiten kuartal I 2021.

Baca juga: Harga Bitcoin Jatuh Terseret Saham Tesla

Dia memproyeksikan pergerakan IHSG sepanjang hari ini berada di kisaran level 5.883 hingga 5.993.

"Pergerakan masih minim akan sentimen dari dalam negeri namun akan didorong oleh optimisme penguatan bursa saham Amerika Serikat dan Jepang. Investor akan mencermati beberapa emiten yang akan rilis laporan keuangan kuartal I 2021, dan yang akan membagikan dividen untuk tahun buku 2020," sebut Dennies dalam rekomendasinya.

Penguatan indeka acuan Bursa Efek Indonesia ini juga didukung dari sisi teknikal. Seperti disampaikan Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama, indikator moving average convergence divergence (MACD) telah membentuk pola golden cross di area negatif. Sedangkan stochastic dan indeks kekuatan relatif (RSI) masih berada di area netral.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di sisi lain, terlihat pola hammer candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga kedepannya berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya.

Sementara CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyebutkan, IHSG pada perdagangan hari pertama pasca libut lebaran masih akan berada dalam fase konsolidasi wajar dengan potensi tekanan yang terlihat masih belum berakhir dalam waktu dekat.

"Namun hingga saat ini, para investor masih mencatatkan capital inflow secara year to date dan masih stabilnya kondisi perekonomian Indonesia juga turut menjadi penunjang bagi pergerakan IHSG, sehingga jika terjadi koreksi wajar para investor masih dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek," sebut dia dalam rekomendasinya.

Baca juga: Data IHSG Sepekan, Naik atau Turun?

Berikut rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor hari ini antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.